Rabu 13 Dec 2023 19:35 WIB

Dosen Politeknik LP3I Gelar Pembinaan Keterampilan Santripreneurship

Fokus pemberdayaan dosen LP3I adalah membangun pesantren mandiri di era digital.

Sosialiasi kegiatan pembinaan Keterampilan Santri Preneurship.  Tim Dosen Politeknik LP3I kampus utama Bandung yang terdiri dari Hadiansyah Masum, Ahmad Sahi, dan Lulu Ulfa Sholihannisa, melakukan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat di Pondok Pesantren Miftakhul Khoer yang berada di Desa Biru Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung.
Foto: dok Politeknik LP3I
Sosialiasi kegiatan pembinaan Keterampilan Santri Preneurship. Tim Dosen Politeknik LP3I kampus utama Bandung yang terdiri dari Hadiansyah Masum, Ahmad Sahi, dan Lulu Ulfa Sholihannisa, melakukan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat di Pondok Pesantren Miftakhul Khoer yang berada di Desa Biru Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Tim Dosen Politeknik LP3I kampus utama Bandung yang terdiri dari Hadiansyah Ma’sum, Ahmad Sahi, dan Lulu Ulfa Sholihannisa, melakukan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat di Pondok Pesantren Miftakhul Khoer yang berada di Desa Biru Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Kegiatan pengabdian ini merupakan Program Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2023 dari Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi yang dilaksanakan dari tanggal 21 Juni 2023 hingga 15 Desember 2023.

Tema yang diusung pada kegiatan ini sesuai dengan kebutuhan dari pihak pesantren yaitu Pembinaan Keterampilan Santri Preneurship dan Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Pesantren (SIAP) Dalam Rangka Membangun Pesantren Yang Mandiri di Era Digital.

"Kegiatan pembinaan keterampilan diikuti oleh seluruh santri dari Pondok Pesantren dalam bentuk pelatihan membuat kerajinan tangan dengan bahan baku dari manik-manik menjadi gelang, bros dan gantungan," ujar ketua PKM Hadiansyah. 

photo
Tim Dosen Politeknik LP3I kampus utama Bandung yang terdiri dari Hadiansyah Ma’sum, Ahmad Sahi, dan Lulu Ulfa Sholihannisa, melakukan pemberdayaan kemitraan masyarakat di Pondok Pesantren Miftakhul Khoer yang berada di Desa Biru Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. - (Politeknik LP3I)

 

Dalam melakukan pelatihan kerajinan tangan ini melibatkan instruktur dari guru yang memiliki keahlian dalam membuat kerajinan dari manik-manik. "Selain itu para santri yang memiliki bakat melukis diberikan pelatihan membuat lukisan kaligrafi dari kanvas dan cat akrilik sebagai ciri khas lukisan Pondok Pesantren," ungkap Hadiansyah pada hari Sabtu, (9/9/2023).

Setelah para santri memiliki keterampilan membuat kerajinan tangan, maka tim Dosen Politeknik LP3I melibatkan mahasiswa untuk membuat akun “Karya Santriprenuer” di market place Tokopedia sebagai media untuk pemasaran karya-karya santri berbasis digital. 

Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Khoer Ustaz Jajang Jaelani berharap program pemberdayaan masyarakat ini sangat bermanfaat bagi santri dan pesantren sehingga berharap terus berjalan dan terus mendapatkan support dari Pemerintah Kemendikbudristek. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement