Selasa 12 Dec 2023 20:30 WIB

Mantan Kapolda Banten Jadi Sekjen KKP, Berikut Profilnya

KKP akan jaga ekosistem perikanan.

Rudy Heriyanto Adi Nugroho (tengah).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Rudy Heriyanto Adi Nugroho (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melantik Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) berdasarkan Keputusan Presiden No.170/TPA Tahun 2023. Trenggono menyebar Sekjen memiliki peran penting dan strategis dalam organisasi KKP. 

"Selamat bertugas Pak Sekjen, kita memiliki program prioritas ekonomi biru yang harus dioptimalkan pelaksanaannya untuk keberlanjutan ekologi dan kesejahteraan masyarakat," ujar Trenggono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Baca Juga

Trenggono meminta Sekjen Rudy bisa segera beradaptasi dan membangun tim kerja yang solid. Trenggono menyebut Sekjen harus mampu mengkoordinasikan, mensinergikan dan mengakselerasi seluruh kebijakan dan program, baik yang bersifat internal maupun intrasektoral serta melaksanakan tugas-tugas kementerian.

Rudy Heriyanto memiliki karir yang panjang di institusi Polri. Sebelum resmi bertugas di KKP, Rudy menjabat sebagai Kapolda Banten sejak 2020. Pria kelahiran 1968 tersebut pun pernah menjabat sebagai Kadivkum Polri, Dirreskrimum Bareskrim Polri, serta Kapolres Metro Jakarta Barat.

Rudy memiliki background pendidikan yang cemerlang. Dia memperoleh gelar profesor hukum dari Universitas Lampung (Unila) dan merupakan dosen tidak tetap di kampus tersebut. Dia juga sudah dikukuhkan menjadi Guru Besar dalam Bidang Ilmu Mediasi Kepolisian.

Sebagai informasi, selain Sekjen Rudy, Trenggono turut melantik tiga pejabat setingkat eselon II. Masing-masing Kepala Pusat Data, Informasi, dan Statistik (Pusdatin), Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman, dan Kepala PPS Belawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement