Selasa 12 Dec 2023 07:25 WIB

Kapolri Siapkan Satgas Khusus Antisipasi Bencana Masuki Musim Hujan

Jenderal Listyo ingatkan masyarakat selama Nataru agar meningkatkan kewaspadaannya.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
Foto: Prayogi/Republika
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya menyiapkan satuan tugas kontijensi khusus untuk mengantisipasi terjadinya bencana, mengingat saat ini telah masuk musim hujan. Kepolisian, kata dia, akan bekerja sama dengan TNI, BNPB, dan seluruh stakeholder terkait lainnya.

Kapolri mengatakan, jajarannya siap memberikan bantuan pertama kepada masyarakat terdampak bencana. Dia mengungkapkan, Mabes Polri juga menyiapkan satgas kontijensi khusus untuk penanganan bencana sehingga TNI, Polri, BNPB, dan seluruh stakehokder yang ada siap untuk hadir.

"Dan memberikan bantuan pertama pada saat terjadi bencana di wilayah-wilayah yang saat ini kita pantau terus dan kemungkinan akan berdampak," kata Listyo usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, dikutip pada Selasa (12/12/2023).

Terkait pengamanan selama perayaan Natal dan tahun baru, Listyo menyebut, akan mengerahkan sebanyak 129.923 personel gabungan dari Polri, TNI, dan juga pemangku kepentingan lainnya. Listyo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan aparat keamanan untuk melakukan pengamanan, termasuk sterilisasi di tempat ibadah yang akan digunakan untuk kegiatan Natal.

"Dan juga tentunya memfasilitasi manakala di suatu tempat orang yang akan melaksanakan atau umat yang akan melaksanakan kegiatan ibadah terganggu karena tidak ada tempat maka kewajiban dari forkompimda, pemerintah daerah utk memfasilitasi," ucap Listyo.

Selain mengamankan perayaan Natal, aparat kepolisian juga akan diterjunkan untuk menghadapi perayaan puncak akhir tahun. Listyo menyampaikan, antisipasi pengamanan diperlukan mengingat banyaknya aktivitas masyarakat di malam tahun baru yang juga berbarengan dengan rangkaian kegiatan kampanye pemilu.

Dia juga meminta masyarakat yang akan berlibur selama Nataru agar meningkatkan kewaspadaannya saat meninggalkan rumah. Listyo mengingatkan agar masyarakat melaporkan kepada kantor kepolisian terdekat untuk didata dan dilakukan patroli guna memastikan keamanan rumah yang ditinggalkan.

"Tentunya kami juga mempersiapkan kantor-kantor kami apabila memang mau dititipi apakah itu kendaraannya atau hal lain, barang-barang berharga lain yang mungkin khawatir apabila ditinggalkan rumahnya akan terjadi situasi yang menurut mereka tidak aman maka Polri siap untuk membantu menampung mengamankan," jelas Listyo.

Siapkan aparat ratusan ribu...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement