Senin 11 Dec 2023 04:19 WIB

Debat Capres-Cawapres Bagi Generasi Islam Berkemajuan

Debat dapat menilai pemimpin mana yang peka kondisi masyarakat

Alat peraga kampanye capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka terpasang di Jalan Sudirman, Jakarta. (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Alat peraga kampanye capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka terpasang di Jalan Sudirman, Jakarta. (ilustrasi)

Oleh: Prof DR Agus Suradika, Rektor Universitas Teknologi Muhammadiyah

Perhelatan Pemilihan Presiden akan memasuki babak penting, yakni debat Calon Presiden –Calon Wakil Presiden yang akan mendialogkan visi, misi, dan program kerja ketiga kandidat. Dimulai pada 12 Desember 2023 akan dilaksanakan  lima kali perdebatan.

Baca Juga

Debat pertama, untuk Calon Presiden akan dilaksanakan pada 12 Desember 2023. Debat ini   akan mengangkat isu hukum, Hak Azazi Manusia, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Debat kedua, untuk Cawapres akan dilaksanakan pada 22 Desember 2023. Debat ini   akan mengangkat isu pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

 

Debat ketiga, untuk Capres akan dilaksanakan  pada 7 Januari 2024.  Debat ini akan mengangkat  isu ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak digital, keuangan, pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatam dan Belanja Daerah, dan infrastruktur.

Debat keempat, untuk Cawapres akan dilaksanakan pada 21 Januari 2024. Debat ini akan   mengangkat isu energi, Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, pangan, pajak, karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Terakhir, debat kelima untuk Capres akan dilaksanakan pada 4 Februari 2024. Debat ini akan   mengangkat isu teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan dan kebudayaan, kesehatan terutama post covid society, dan ketenagakerjaan.

Bagi generasi Islam berkemajuan manfaat apakah yang dapat diperoleh dari perdebatan Capres-Cawapres tersebut?. Setidaknya, ada tiga manfaat yang dapat diperoleh.

baca lanjutan tulisan pada halaman berikutnya...

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement