Ahad 10 Dec 2023 12:13 WIB

Partai Pelita Deklarasi Dukung Anies-Imin Menang Pilpres 2024

Partai besutan Din Syamsuddin memastikan mendukung pasangan Anies-Muhaimin.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Kapten Timnas Amin M Syaugi Alaydrus (tengah) saat menerima kunjungan Partai Pelita yang mendeklarasikan dukungan untuk Anies-Muhaimin di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (10/12/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Kapten Timnas Amin M Syaugi Alaydrus (tengah) saat menerima kunjungan Partai Pelita yang mendeklarasikan dukungan untuk Anies-Muhaimin di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (10/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Pelita memberikan dukungan secara resmi kepada pasangan capres-cawapres Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (Amin). Hal itu disampaikan dalam konferensi pers yang digelar di Posko Amin di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, pada Ahad (10/12/2023).

 

Baca Juga

"Kehadiran kami ini tidak lain tidak bukan menyatakan secara resmi dukungan kepada pasangan Anies-Muhaimin sebagai calon presiden dan wakil presiden Republik Indonesia 2024," kata Ketua Umum Partai Pelita, Ari Chandra Kurniawan, dalam konferensi pers, Ahad.

 

 

Ari mengatakan, sejak awal usai pelantikan pengurus Partai Pelita pada November 2023, memang partai besutan eks ketua umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin tersebut mendukung paslon AMIN. Dan pada hari ini, Pelita mendeklarasikan dukungan secara resmi.

"Lima hari setelah kami dilantik ada SK (surat keputusan) surat dukungan resmi kepada Koalisi AMIN ini. Artinya, memang bukan berarti kami baru bergabung dan menyatakan dukungan, tetapi tugas yang disampaikan oleh MPP (Majelis Pertimbangan Pusat) Partai Pelita untuk melakukan konsolidasi dulu dari Sabang sampai Merauke," katanya.

 

Ari menuturkan, usai deklarasi resmi dukungan terhadap AMIN, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi lanjutan. Pengurus partai segera meresmikan 'Relawan Pelita Perubahan'.

 

"Kami mewakili aspirasi, keresahan para milenial dan gen Z karena di DPP ini maksimal usia 40 tahun agar spirit pemudanya tetap terjaga, spirit pemudanya tetap terjaga, spirit kemauannya tetap original karena apa? Spirit pemuda itu yang kami yakini adalah spirit yang menyatukan dan membuat inisiasi gerakan kebangkitan nasional 1901 1908 dulu," ujar Ari.

 

Dalam kesempatan yang sama, Kapten Timnas Pemenangan Amin Marsdya (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus mengapresiasi dukungan dari Partai Pelita. Dia menyebut, dukungan Partai Pelita semakin menguatkan pemenangan Amin pada Pilpres 2024.

 

"Semua masyarakat yang memang menginginkan perubahan mulai menyatakan dukungannya kepada pasangan Anies dan Muhaimin ini. Saya menyambut baik dan tentunya senang sekali, karena kita tahu partai Pelita ini juga memiliki massa yang cukup banyak di seluruh provinsi, sampai tingkat kecamatan," kata Syaugi.

 

Dia menuturkan, dukungan Partai Pelita terutama akan menguatkan keterpilihan Amin di kalangan anak muda. Pasalnya, Partai Pelita notabene terdiri dari anak-anak muda. Di samping itu, jumlah pemilih pada Pilpres 2024 diketahui mayoritas juga anak muda.

 

"Partai ini banyak anak muda ya, kan tadi sering kita katakan bahwa 52 persen ini (pemilih) anak muda, ternyata sebagian ada di sini. Jadi, saya yakin apa artinya dengan bisa Partai Pelita maupun Relawan Pelita Perubahan ini mendukung pasangan Amin, saya yakin pemuda-pemuda yang lain akan mengikuti untuk perubahan yang menjadi Indonesia yang lebih baik," ujar Syaugi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement