Jumat 08 Dec 2023 13:12 WIB

Prakiraan Cuaca NTB: Hujan Lebat Disertai Petir Sepanjang Akhir Pekan

Di sebagian wilayah Sumbawa bagian barat juga berpeluang hujan intensitas tinggi.

Awan mendung menyelimuti langit di Kota Mataram, NTB, Jumat (8/4/2022).
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Awan mendung menyelimuti langit di Kota Mataram, NTB, Jumat (8/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) agar mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir sepanjang akhir pekan.

"Waspadai potensi hujan sedang hingga lebat pada 8-10 Desember 2023," kata prakirawan BMKG Stasiun Zaenuddin Abdul Majid Lombok, Andre Jersey, Jumat (8/12/2023).

Baca Juga

Hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang pada Jumat (8/12/2023) diprakirakan terjadi di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur. Kemudian di Sumbawa, Sumbawa Barat, Kabupaten Bima, Kita Bima, dan Kabupaten Dompu.

Kemudian, pada Sabtu (9/12/2023) potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang diprakirakan di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, dan Kabupaten Dompu.

 

"Pada Ahad (10/12/2023), potensi hujan di semua wilayah kabupaten/kota di NTB," katanya.

Sebelumnya, BMKG menyatakan pada 1-10 Desember 2023 diperkirakan hujan berpeluang terjadi di seluruh wilayah NTB. Curah hujan dengan intensitas tinggi berpeluang terjadi di sebagian wilayah Lombok Tengah dan Lombok Barat bagian utara.

Di sebagian wilayah Sumbawa bagian barat dan Bima bagian utara atau sekitar Tambora juga berpeluang curah hujan dengan intensitas tinggi. "Hujan dengan intensitas sedang berpeluang terjadi di seluruh pulau Lombok, sebagian Bima bagian barat, Sumbawa Barat, dan sebagian Sumbawa bagian barat," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement