Kamis 07 Dec 2023 12:50 WIB

Universitas Indonesia Jadi Kampus Paling Berkelanjutan se-Asia Versi UI GreenMetric

Universitas Indonesia peringkat 24 dunia di UI GreenMetric World University Rankings.

Halaman Rektorat, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. UI bertahan di peringkat 24 dunia kampus ramah lingkungan versi UI GreenMetric World University Rankings 2023.
Foto:

Selain itu, program konservasi tumbuhan dan hewan, area resapan air serta berbagai fasilitas, seperti gedung, sarana prasarana kesehatan, dan fasilitas keamanan juga diperhitungkan. UI dinilai cukup unggul dalam kriteria ini karena dari seluruh area UI yang ada di kampus Depok, sebanyak 50 persen kawasan merupakan hutan, sembilan persen danau atau kawasan konservasi air, dan 70 persen adalah ruang terbuka hijau.

Untuk menjaga kelestariannya, UI menetapkan kebijakan masterplan pengembangan kampus agar persentase lahan terbuka dan lahan hijau tetap berada di angka 50 persen. Oleh karena itu, salah satu kebijakan yang ditetapkan oleh UI adalah aturan pembangunan gedung baru minimal delapan lantai dengan konsep green building.

Berkat upaya tersebut, UI berhasil mengungguli Universiti Putra Malaysia dalam UI GreenMetric World University Rankings 2023. Pengumuman hasil pemeringkatan UI GreenMetric World University Rankings 2023 tersebut dilakukan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Rabu (5/12/2023).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement