Kamis 07 Dec 2023 07:04 WIB

Empat Mahasiswa Asal Riau Tewas Saat Erupsi Marapi, Ini Daftar Lengkapnya

Masih ada 3 pendaki yang dirawat intensif di rumah sakit akibat erupsi Marapi.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus raharjo
Petugas memindahkan jenazah korban erupsi Gunung Marapi yang sudah teridentifikasi, di Rumah Sakit Dr Achmad Mochtar Bukittinggi, Sumatera Barat, Rabu (6/12/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Petugas memindahkan jenazah korban erupsi Gunung Marapi yang sudah teridentifikasi, di Rumah Sakit Dr Achmad Mochtar Bukittinggi, Sumatera Barat, Rabu (6/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU--Jenazah Ilham Nanda Bintang (21 tahun) akhirnya terindentifikasi oleh rumah sakit. Jasad Ilham telah dimandikan lalu dipulangkan ke Pekanbaru. Ilham merupakan warga Riau yang menjadi korban terakhir erupsi Gunung Marapi di Bukittinggi, Sumatra Barat.

Total warga Riau yang meninggal sebanyak empat orang pendaki. "Jenazah Ilham Nanda Bintang telah diberangkatkan menuju Pekanbaru," kata Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Provinsi Riau, Rozita, Rabu (6/12/2023).

Baca Juga

Rozita menyebutkan jumlah warga Riau sebagai pendaki Gunung Marapi yang meninggal dunia sebanyak 4 orang dari total 29 orang. Namun, masih ada 3 orang pendaki yang dirawat intensif di RSUD Dr Achmad Mochtar dan RSUD Padang. Dengan demikian tuntas 29 orang pendaki asal Riau telah ditemukan semuanya.

Dari jumlah itu, terdapat 22 orang pulang dengan selamat, 3 dirawat dan masa pemulihan serta 4 meninggal dunia. Ilham Nanda Bintang diketahui merupakan mahasiswa Fakultas Hukum jurusan Ilmu Hukum di Universitas Islam Riau (UIR). Selain Ilham, ada 2 mahasiswa UIR lainnya yang meninggal di Gunung Marapi.

 

Keduanya yaitu Muhammad Adan (21) mahasiswa Fakultas Hukum, dan Nazatra Adzin Mufadhal (22), fakultas Ilmu Keguruan. Tiga orang masih dirawat, yakni Aditya Sukirno Putra (21) mahasiswa UIR Pekanbaru, M Ridho Kurniawan pekerja katering serta M Arbi Muharman (22) mahasiswa Unri (Universitas Riau).

Rozita menjelaskan, untuk Aditya Sukirno Putra warga Pekanbaru saat ini masih dirawat di RS Dr Achmad Mochtar Bukittinggi untuk perawatan bedah. Kondisi Aditya dengan mengalami luka bakar pada kaki sebelah kanan dan bokong serta pergelangan tangan kiri.

Lalu M Ridho Kurniawan alamat Pekanbaru masih perawatan Intensif di UGD RSUD Dr Achmad Mochtar dengan kondisi kaki sebelah kiri tidak bisa digerakkan dan sementara pasang spalk. Lutut sebelah kiri luka bakar dan lecet dan terpasang verband, tangan sebelah kanan luka bakar.

Kemudian Muhammad Arbi Muharman warga Pekanbaru mahasiswa jurusan Olahraga Semester 7, saat ini masih perawatan intensif di UGD RS Dr Achmad Mochtar. Kondisi Arbi Muharman mengalami sejumlah luka serius. Yakni luka bakar di pinggang sebelah kanan, tangan sebelah kanan tidak bisa digerakkan dan pasang spalk, tangan sebelah kiri luka bakar, paha dan kaki sebelah kanan juga terdapat luka bakar, paha sampai kaki luka bakar dan luka gores dan kondisi korban masih syok.  

Sementara itu, pihak Kampus Universitas Islam Riau, menyatakan ada empat mahasiswanya yang menjadi korban erupsi Gunung Marapi Sumbar. Tiga diantaranya meninggal dunia dan 1 selamat dalam kondisi luka-luka.

"Ada 4 mahasiswa UIR menjadi korban erupsi Gunung Marapi, yaitu Nazatra Adzin Mufadhal, Ilham Nanda Bintang, Muhammad Adan serta Aditya Sukirno Putra," ujar Kabag Humas Kampus UIR, Harry Setiawan.

Harry menyebutkan, untuk tiga orang mahasiswa UIR yang meninggal dunia yaitu M Adan, Nazatra Adzin Mufadhal, serta Ilham Nanda Bintang. Mereka merupakan warga Kota Pekanbaru. Sedangkan Aditya Sukirno Putra ditemukan selamat dan masih dalam perawatan.

Nazatra Adzin Mufadhal merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ilham jurusan Ilmu Hukum M Adan juga Ilmu Hukum serta Aditya jurusan Ilmu Pemerintahan.

Berikut daftar pendaki yang berasal Riau yaitu:

 1. Elika Maharani.

 2. Dewi Anggraini.

 3. Naomi Joana Simanjuntak.

 4. Sri Wahyuni.

 5. Benget Hasiholan Maremare.

 6. Lolita Veronica.

 7. Diyah Surya Purnama Sari.

 8. Syaiful Anwar.

 9. Ahmad Albar.

 10. Lidia Fatmasari.

 11. Brima Danu.

 12. Ikhwanudin.

 13. Firnando Situmorang.

 14. Iqbal.

 15. Jeni.

 16. Toni Alifian.

 17. Al Fajri.

 18. Selastri Anggini.

 19. Nur Rizki.

 20. Nazatra Adzin Mufadhal (meninggal dunia).

 21. M Wilki Saputra (meninggal dunia).

 22. M Ridho Kurniawan.

 23. Ilham Nanda Bintang (meninggal dunia).

 24. M Adan (meninggal dunia).

 25. Aditya Sukirno Putra.

 26. M Arbi Muharman.

 27. M Alif.

 28. Lingga Duta Andrefa.

 29. M Faith Ewaldo.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement