Selasa 05 Dec 2023 22:11 WIB

Terjebak Banjir, Angkot Berisi Penumpang di Cimahi DIevakuasi

Sebuah angkot berisi penumpang di Cimahi, Jabar dievakuasi karena terjebak banjir.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Hujan deras menyebabkan luapan sungai Cimahi ke badan jalan di Jalan Mahar Martanegara, Selasa (5/12/2023). Sebuah angkot berisi penumpang di Cimahi, Jabar dievakuasi karena terjebak banjir.
Foto: Dok Republika
Hujan deras menyebabkan luapan sungai Cimahi ke badan jalan di Jalan Mahar Martanegara, Selasa (5/12/2023). Sebuah angkot berisi penumpang di Cimahi, Jabar dievakuasi karena terjebak banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Rekaman video yang memperlihatkan sebuah angkutan kota (angkot) berisi penumpang terjebak di lokasi banjir akibat hujan deras viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi di Jalan Mahar Martanegara, Cimindi, Kota Cimahi, Selasa (5/12/2023).

Seperti dilihat video tersebut yang tersebar di whatsapp grup, angkot berwarna hijau berada di tengah jalan dan terjebak tidak bisa melintas karena banjir. Arus air yang kencang dari arah barat masuk ke bagian dalam angkot.

Baca Juga

Terlihat seorang pria yang mengenakan jas hujan berwarna hitam memakai helm berada di ata mobil. Ia tengah membantu seorang perempuan dengan cara menariknya dari dalam angkot dibawa ke atas atap.

Perempuan tersebut berupaya agar bisa naik ke atap mobil. Arus air yang kencang terus mengalir ke bagian dalam mobil. Pada video berikutnya, angkot tersebut terbawa arus air yang kencang beberapa meter.

 

Namun, tidak terlihat orang di atap atau bagian dalam mobil dan belum diketahui keberadaan mereka. Tidak jauh dari angkot tersebut terdapat area selokan yang dipasang pagar. Tidak jauh dari lokasi tersebut para pengendara motor yang berteduh melihat kejadian itu.

Diketahui lokasi tersebut sering menjadi langganan banjir. Bahkan hujan deras yang pernah terjadi pada waktu silam menyebabkan seorang pengendara motor terbawa arus dan hanyut ke selokan hingga akhirnya ditemukan sudah tidak bernyawa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi Fitriandy Kurniawan membenarkan bahwa terdapat angkot yang terjebak arus banjir sekitar pukul 19.00 Wib di Jalan Mahar Martanegara, Selasa (5/12/2023). Angkot tersebut nekat menerobos arus banjir hingga akhirnya terseret air.

"Di sekitar Jalan Mahar Martanegara terjadi luapan atau limpasan air dari sungai Cimahi yang cukup deras di atas badan jalan. Ada kejadian angkot yang berusaha menerobos tapi terseret air," ucap dia saat dihubungi, Selasa (5/12/2023).

Dengan kondisi angkot yang terseret air, ia mengatakan penumpang yang berada di dalam angkot harus dievakuasi. Fitriandy memastikan seluruh penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat.

"Semua penumpang terevakuasi dengan selamat tanpa ada korban luka atau meninggal dunia satu orang pun. Jadi saya ulangi tidak ada korban luka maupun jiwa," kata dia.

Ia mengatakan hujan deras merata terjadi di Kota Cimahi. "Sekitar pukul 19.00 WIB di Kota Cimahi terjadi hujan yang cukup besar dan merata," kata dia.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement