Selasa 05 Dec 2023 21:48 WIB

Pemprov DKI Bersihkan Kawasan Bidara Cina Usai Banjir

Pemprov DKI Jakarta membersihkan kawasan Bidara Cina, Jaksel usai banjir.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Bilal Ramadhan
Seorang warga menyelamatkan pakaian saat banjir melanda permukiman kawasan Bidara Cina. Pemprov DKI Jakarta membersihkan kawasan Bidara Cina, Jaksel usai banjir.
Foto: ANTARA/Henry Purba
Seorang warga menyelamatkan pakaian saat banjir melanda permukiman kawasan Bidara Cina. Pemprov DKI Jakarta membersihkan kawasan Bidara Cina, Jaksel usai banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus bekerja keras untuk mengatasi dampak musim hujan di berbagai wilayah. Salah satunya di kawasan Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur. Provinsi DKI Jakarta membersihkan lokasi setelah banjir.

“Ini adalah wujud tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta dalam menanggulangi genangan dan banjir. Jajaran Dinas Gulkarmat bersiaga, mengatisipasi wilayah kelurahan yang berpotensi banjir, kemudian bersinergi dengan Dinas SDA dan perangkat daerah terkait untuk membantu warga agar genangan dan banjir segera surut, hingga memastikan lingkungan warga kembali bersih,” kata Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta Satriadi Gunawan di Jakarta pada Selasa (5/12/2023).

Baca Juga

Berdasarkan data Suku Dinas Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Timur, penyemprotan lumpur dan pembersihan lokasi usai banjir dan genangan dilakukan di Jalan Mutumanikam RT 03/RW 011, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, pada Senin (4/12/2023).

Hal ini sebagai tindak lanjut atas laporan yang menyebut adanya warga terjatuh akibat air dan lumpur yang menggenangi jalan. Ia menjelaskan sebanyak tujuh personel dari Dinas Gulkarmat yang terdiri dari lima petugas pemadam dan dua personel Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) serta enam personel dari Dinas SDA turun langsung membersihkan lokasi bersama warga.

 

Satu unit Light Pressure berkapasitas 2.500 liter digunakan untuk menyemprot lumpur. Penyemprotan berlangsung selama 2,5 jam, pada pukul 15.30 sampai 18.00 WIB.

“Kami menggunakan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan pembersihan. Ini merupakan komitmen Pemadam Jakarta untuk selalu hadir di tengah masyarakat,” kata Satriadi.

Sementara itu, Personel Satuan Tugas (Satgas) Gulkarmat Kelurahan Bidara Cina Bambang Sumitro mengatakan penyemprotan jalan tersebut dilakukan sebagai upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi musim hujan.

"Para personel Satgas Gulkarmat di tingkat kelurahan akan terus berupaya memberikan pelayanan di bidang kemanusiaan dan penyelamatan kepada masyarakat. Mudah-mudahan, kegiatan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat,” kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement