Senin 04 Dec 2023 07:27 WIB

Kenangan Rekan Sejawat pada Sosok dan Jejak Pengabdian Doni Monardo

Doni tinggal sementara di Graha BNPB selama 1 tahun saat Covid melanda.

Doni Monardo berjalan di pinggir lapangan saat memimpin Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) melakukan investigasi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (7/10/2022). Dari hasil investigasi sementara yang dilakukan TGIPF ditemukan fakta bahwa ada pintu stadion yang terkunci saat tragedi Kanjuruhan terjadi.
Foto:

Di tengah pekerjaannya itu, dia pun sempat terserang Covid-19. Doni mengumumkan kepada publik kondisi kesehatannya, memberi contoh kepada yang lain untuk menjalankan prosedur kesehatan Covid-19 seperti menjalani tes PCR, mengisolasi diri, dan berobat serta menjalani perawatan. Setidaknya selama kurang lebih tiga pekan, hasil tes PCR baru menyatakan dia sudah negatif Covid-19.

Selepas itu, dia langsung kembali bekerja meninjau langsung penanggulangan bencana dan Covid-19. Doni kemudian mengakhiri jabatannya di BNPB pada 2021. Dia saat itu digantikan oleh Ganip Warsito, yang saat ini juga menyandang status purnawirawan bintang tiga.

Selepas purnatugas sebagai kepala BNPB, Doni Monardo menerima penghargaan dari berbagai lembaga, termasuk dari Presiden RI Joko Widodo. Presiden pada Maret 2023 memberi penghargaan penanggulangan Covid-19 kepada Doni Monardo. Penghargaan itu diberikan Presiden berkat terobosan Doni yang menerapkan strategi pentahelix dalam penanggulangan Covid-19.

Berkat strategi pentahelix, Covid-19 ditangani gotong royong melibatkan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari BNPB, Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, kelompok masyarakat, media massa, akademisi, dan lembaga-lembaga terkait lainnya, bahkan swasta.

Kemudian, mendiang Doni Monardo juga menerima Medali Emas Kemerdekaan Pers dari Dewan Pers atas jasa dan peran pentingnya dalam membangun kerja sama dengan media melalui sejumlah program terkait sosialisasi penanggulangan pandemi Covid-19. Penghargaan itu diberikan Dewan Pers kepada Doni Monardo pada 9 Februari 2021.

Purnawirawan itu malam ini berpulang. Namun, sosoknya yang menjadi teladan dan penuh dedikasi, serta jasa-jasa dan jejak pengabdiannya selalu terkenang dan abadi karena menjadi inspirasi tidak hanya bagi prajurit TNI, tetapi jajaran kementerian/lembaga dan generasi muda yang menjadi penerus dirinya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement