Ahad 03 Dec 2023 17:49 WIB

Kelompok Binaan Aqua di Solok Luncurkan Kopi Kayu Aro

Pabrik Aqua Solok juga memberikan bantuan berupa greenhouse.

Kebun kopi di Dusun V Aia Badak, Jorong Kayu Aro, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kab Solok, Sumatra Barat.
Foto: Dok. Dis
Kebun kopi di Dusun V Aia Badak, Jorong Kayu Aro, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kab Solok, Sumatra Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLOK -- Di belakang Pabrik Aqua Solok, tepatnya di Dusun V Aia Badak, Jorong Kayu Aro, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kab Solok, Sumatra Barat, sekelompok petani telah berhasil mengembangkan kopi jenis Arabica yang berkualitas tinggi dan berbasis konservasi. Di atas lahan seluas 1,26 hektar Kelompok Tani Kayu Aro telah menanam 1.350 pohon kopi Arabica, 215 pohon jeruk manis, 63 pohon alpukat, lima pohon petai. Areal pertanian yang dijalankan dengan sistem tumpang sari itu juga dilengkapi dengan 130 unit rorak dan empat sumur resapan yang membantu mengoptimalkan peresapan air kembali ke dalam tanah. 

Itulah lahan pengabdian untuk masyarakat sekitar yang dijalankan Pabrik Aqua Solok bersama mitra pelaksana Human Initiative. 

Baca Juga

"Berbagai upaya telah dilakukan Pabrik Aqua Solok untuk menjaga keberlanjutan alam dan lingkungan yang mendorong terciptanya bisnis yang berkelanjutan, termasuk melakukan perlindungan sumber daya air. Salah satunya adalah melalui pengembangan kopi Kayu Aro berbasis konservasi yang diluncurkan pada hari ini," kata Kepala Pabrik Aqua Solok Endro Wibowo, Ahad (3/12/2023). 

"Pabrik Aqua Solok bersama mitra Human Initiative memberikan pendampingan pada kelompok pengolahan kopi Kayu Aro Solok dalam peningkatan kapasitas melalui pemberian bibit pohon kopi, pelatihan budidaya berkelanjutan, penanganan panen, dan pengolahan pascapanen," ujar Endro. 

Pabrik Aqua Solok juga memberikan bantuan berupa greenhouse “Rumah Produksi Kopi Kayu Aro” yang selesai dibangun pada bulan September 2023. Diharapkan dengan intervensi teknologi pascapanen ini dapat membantu kelompok tani dalam menghasilkan biji kopi dengan kualitas prima dan penambahan nilai ekonomi.

Tentu saja dukungan dan Kerjasama seperti ini akan terus berkembang dan memberi manfaat untuk masyarakat luas melalui kolaborasi multipihak. Kita akan mampu melestarikan sumber daya air yang berlimpah di Sumatera Barat pada umumnya dan secara khusus di Kabupaten Solok.

Ketua Kelompok Pengolahan Kopi Kagu Aro Dory Novembra mengatakan, sebelum ada rumah produksi ini para petani di sini mengolah kopi secara tradisional. Kemudian Aqua bersama Human Initiative mengajak kami mengikuti pelatihan tentang bagaimana mengolah kopi dengan baik. 

Hasilnya sekarang ternyata kami mampu mengolah kopi dari Kayu Aro ini dengan cara yang lebih baik; mulai dari panen, pengupasan biji kopi, pengeringan, dan kemudian penggilimgan hingga menjadi kopi siap saji.

Sementara itu Kepala Dinas  Koperindag, Ahpi Gusta Tusri yang hadir pada acara Peluncuran Kopi Kayu Aro ini menggarisbawahi bahwa kehadiran Aqua membantu dan memberdayakan Kelompok Tani Kayu Aro ini jelas memberikan manfaat untuk masyarakat. "Selain bermanfaat untuk pelestarian lingkungan melalui penanaman pohon kopi berbasis konservasi, kopi Kayu Aro ini mendatangkan manfat ekonomi untuk masyarakat," ujar dia. 

"Apalagi kopinya sudah dikemas dengan sangat baik dan sudah ada merk-nya. Itu telah menjadi produk UMKM. Kami akan membantu mempromosikannya," tambah Ahpi Gusta Tusri.

Setelah peningkatan kualitas biji kopi berhasil dilakukan Kelompok Tani Kayu Aro, lalu biji kopi dibeli dengan harga yang adil oleh sebuah lembaga pengembangan bisnis dan masyarakat, Nirudaya, 

"Kolaborasi multipihak yang saling mendukung ini melengkapi profil citarasa unik dari biji kopi Kayu Aro Solok yang dipengaruhi oleh jenis vegetasi di sekitar tanaman kopi, yaitu cabai, daun bawang, dan sayur-sayuran. Setelah melakukan cupping test, ditemukanlah aroma dominasi rempah dengan after taste yang sedikit manis dan segar, menyerupai kayu manis. Rasa kopi Kayu Aro Solok adalah turmeric, sweet cinnamon, dan woody. Dan sekarang kopi Kayu Aro ditambahi label menjadi Kopi Tirto Kayu Aro," kata Arif Wahyudin selaku Sustainable Integration & Economic Development Senior Manager Danone Indonesia. 

Dinukil dari Antara, berdiri sejak 2013 di Kabupaten Solok, Aqua telah melakukan beragam pelatihan, pendampingan hingga pengembangan teknik pembibitan dan tanam kepada kelompok tani di wilayah tersebut. Sebut saja pengembangan kebun stroberi, budidaya maggot, penanaman kopi hingga sayuran aquaponik.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement