Sabtu 02 Dec 2023 16:30 WIB

UNHCR: Pengungsi Rohingya Tangguh, tak Berniat Eksploitasi Indonesia

Mereka datang karena keputusasaan dan berbahaya di tempat tinggal sebelumnya.

Pengungsi etnis Rohingya mengikuti pendataan sidik jari UHNCR saat berada di penampungan sementara di Gedung SKB Bireuen, Aceh, Senin (16/10/23).
Foto: ANTARA FOTO/Rahmad
Pengungsi etnis Rohingya mengikuti pendataan sidik jari UHNCR saat berada di penampungan sementara di Gedung SKB Bireuen, Aceh, Senin (16/10/23).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengungsi Rohingya tidak datang ke Indonesia untuk mengeksploitasi Indonesia atau keramahan masyarakat Indonesia, sebaliknya mereka orang-orang tangguh yang jika dikaryakan akan berkontribusi besar kepada masyarakat, kata UNHCR.

"Mereka datang karena keputusasaan yang disebabkan oleh meningkatnya kasus pembunuhan, penculikan dan situasi berbahaya di tempat mereka tinggal sebelumnya," kata Juru bicara UNHCR Indonesia Mitra Salima dalam pernyataan tertulis kepada media di Jakarta, Sabtu (2/12/2023).

Baca Juga

Menurut Mitra, pengungsi Rohingya sudah mengetahui dan selalu diingatkan oleh UNHCR bahwa mereka adalah tamu di Indonesia sehingga wajib mengikuti hukum  dan adat istiadat yang berlaku di Indonesia. Semua negara, termasuk Indonesia, mengakui bahwa mencari suaka adalah hak asasi manusia dan negara wajib memberikan perlindungan kepada pengungsi, termasuk pengungsi Rohingya, kata Mitra.

Di Indonesia, lanjut Mitra, Undang-Undang Dasar Negara Tahun 1945 dan Peraturan Presiden Nomor 125 tahun 2016 mengatur penerimaan dan penanganan pengungsi di dalam negeri.

Mitra juga menjelaskan keberadaan UNHCR di Indonesia adalah membantu pemerintah menangani masalah pengungsi dan membantu mencari solusi bagi pengungsi. Selama pengungsi tinggal di Indonesia untuk sementara waktu hingga solusi jangka panjang ditemukan bagi mereka, UNHCR berkoordinasi dengan pihak berwenang dan bekerja sama dengan mitra kerja, donor serta pemangku kepentingan lain, untuk memastikan kebutuhan pengungsi terpenuhi dan hidup bermartabat, kata Mitra.

Mitra menegaskan pengungsi Rohingya sebenarnya orang-orang yang tangguh yang jika diberi kesempatan, pasti ingin berkontribusi kepada masyarakat di mana mereka tinggal saat itu. "UNHCR dan para mitra kerja berupaya mendukung masyarakat setempat yang menampung pengungsi Rohingya melalui aktivitas penguatan masyarakat. Kami juga melibatkan masyarakat setempat dalam menangani pengungsi," kata Mitra.

Dia mengungkapkan bahwa lebih dari 70 persen pengungsi Rohingya yang mendarat di Indonesia selama sebulan terakhir adalah perempuan dan anak-anak.

Menurut data UNHCR, mayoritas pengungsi Rohingya  menyelamatkan diri dan diberi status pengungsi seperti 960.000 orang lebih di Bangladesh, 107.000 orang di Malaysia dan 22.000 orang di India.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement