Kamis 30 Nov 2023 08:01 WIB

FX Rudy Tegaskan Presiden Jokowi Masih Kader PDIP

FX Rudy mengungkapkan pernah ditawari Jokowi menjadi wamen PUPR.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo alias FX Rudy saat ditemui wartawan di Jakarta, Rabu (29/11/2023).
Foto:

Ketua DPC PDIP Solo FX Rudy mengaku, hampir masuk menjadi bagian dari Kabinet Indonesia Maju. Saat itu, Presiden Jokowi  menawarkan posisi wakil menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (wamen PUPR) setelah Gibran terpilih menjadi calon wali kota Solo yang diusung partainya.

Tiga hari setelah keluarnya surat rekomendasi terhadap pencalonan Gibran, ia diundang ke Istana oleh Jokowi. FX Rudy ditemani oleh politikus PDIP Achmad Purnomo yang seharusnya diusung partainya menjadi calon wali kota Solo. Namun, akhirnya mengalah demi Gibran bisa maju di Pilwakot Solo.

"Pak Purnomo dan saya dipanggil ke Istana, Pak Purnomo ditawarin jadi Komut BUMN SK Kalbe Farma, dia tidak mau," ujar FX Rudy ditemui wartawan di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Adapun terkait dirinya, FX Rudy mengaku mendapatkan tawaran menjadi Wamen PUPR dan sempat ditanyakan Gibran sebelum pelantikannya sebagai wali kota Solo. Sekretaris Kabinet Pramono Anung bahkan sudah menghubunginya dan menyatakan bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga setuju dirinya mengisi posisi tersebut.

"Saya jawab mboten. Lebih penting persahabatan (dengan Achmad Purnomo) daripada sebuah jabatan, titik," ujar FX Rudy.

Posisi Wamen PUPR semula ditempati John Wempi Wetipo. Namun, setelah Wempi digeser menjadi wamendagri, posisi yang ditinggalkan tersebut dikosongkan hingga kini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement