Rabu 29 Nov 2023 12:04 WIB

Atasi Polusi Jabodetabek, Jokowi Ajak Masyarakat Tanam Pohon

Penanaman pohon di kawasan industri JIEP dengan memanfaatkan momentum musim hujan

Rep: Dessy Suciati Saputri/Haura Hafidzah/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Jokowi menanam pohon di Hutan Kota JIEP Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (29/11/2023).
Foto:

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta bersinergi dengan PT Antam Tbk untuk melakukan penghijauan dan penataan kawasan di Taman Interaksi Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur pada Senin (27/11/2023). Mereka semua menanam sekitar 2.000 bibit pohon.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, aksi penanaman pohon tidak jauh berbeda dengan yang rutin dilaksanakan Pemprov DKI. Sejak ia menjabat, memang di lingkungan Pemprov DKI digalkkan untuk melakukan penghijauan.

Sehingga momentum Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada Selasa (28/11/2023), dapat menjadi milestone dalam menargetkan Jakarta sebagai kawasan rendah emisi. Apalagi, bibit yang ditanam juga bisa menghasilkan buah.

"Kegiatan ini juga dilakukan untuk mendukung upaya penghijauan kawasan, serta tercapainya net zero emission pada 2060 di Jakarta. Oleh karena itu, pada pagi ini, kita menanam pohon buah-buahan, di antaranya pohon jamblang, nangka, durian, dan sirsak," ujar Heru di kawasan Jakarta Timur pada Senin.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI, Suharini Eliawati mengatakan, penanaman 2.000 pohon juga sebagai bentuk upaya memperkuat ketahanan pangan bagi masyarakat sekitar. Menurut dia, masyarakat perlu ikut dalam gerakan tersebut.

"Pada penanaman kali ini, kita sengaja memilih tanaman buah-buahan, karena bisa dimanfaatkan untuk konsumsi masyarakat, di samping juga untuk mempercantik penataan kawasan. Apalagi, saat ini sudah masuk musim hujan, sehingga cocok dijadikan musim bercocok tanam, terutama pohon buah," kata Suharini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement