Rabu 29 Nov 2023 12:04 WIB

Atasi Polusi Jabodetabek, Jokowi Ajak Masyarakat Tanam Pohon

Penanaman pohon di kawasan industri JIEP dengan memanfaatkan momentum musim hujan

Rep: Dessy Suciati Saputri/Haura Hafidzah/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Jokowi menanam pohon di Hutan Kota JIEP Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (29/11/2023).
Foto: Republika.co.id
Presiden Jokowi menanam pohon di Hutan Kota JIEP Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (29/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan gerakan tanam pohon. Gerakan penanaman pohon bersama itu dilakukan untuk mengantisipasi perubahan iklim dan polusi yang terjadi di Jabodetabek.

"Ini adalah dalam rangka mengantisipasi perubahan iklim, mengantisipasi pemanasan global yang sudah kita rasakan bersama-sama dan nyata, juga dalam rangka mengatasi polusi yang ada di Jabodetabek," kata Jokowi saat menghadiri acara Gerakan Tanam Pohon Bersama di Hutan Kota JIEP Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (29/11/2023).

Jokowi menjelaskan, kegiatan penanaman pohon juga dilakukan di seluruh daerah. Menurut dia, penanaman pohon dilakukan dengan memanfaatkan momentum musim hujan pada Desember.

"Karena ini musim hujan Desember ke sana nanti akan kita lakukan terus menerus di seluruh provinsi tidak hanya di Jabodetabek, di Jakarta ada 900 titik lebih yang kita lakukan dan ini kalau di Jakarta pohonnya udah gede-gede. Ga apa-apa yang kecil-kecil pun gapapa. Karena ini musimnya untuk menanam pas musim hujan," ujar Jokowi.

 

Selain itu, kegiatan itu juga dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana selama musim hujan. Beberapa titik di berbagai daerah, saat ini sudah harus mewaspadai terjadinya bencana seperti banjir, tanah longsor, dan lainnya

"Semuanya waspada, BNPB di pusat maupun daerah waspada. Selain itu saya sekali lagi mengajak seluruh masyarakat untuk menanam pohon apa pun di lingkungan masing-masing. Pohon apa pun," kata eks gubernur DKI itu.

Jokowi pun mengapresiasi partisipasi banyak perusahaan dan asosiasi dalam kegiatan ini serta mengapresiasi Pemprov DKI Jakarta, dan pemda di Jabodetabek. Adapun jenis bibit yang ditanam terdiri dari tanaman buah-buahan, tanaman kayu-kayuan serta tanaman estetika.

Pj Heru ajak tanam pohon...

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement