Selasa 28 Nov 2023 19:29 WIB

Masyarakat Bitung Sepakat Berdamai, Tersangka Pelaku Bentrokan yang Ditangkap Bertambah

Jumlah tersangka terkait bentrok di Kota Bitung kini menjadi sembilan orang.

Aksi damai (ilustrasi)
Foto: Antara
Aksi damai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Bambang Noroyono, Antara

Masyarakat Kota Bitung, di Sulawesi Utara (Sulut) sepakat menyudahi perselisihan antarkelompok. Kesepakatan tersebut setelah banyak pihak dari elemen-elemen masyarakat, bersama-sama tokoh keagamaan, dan peradatan, serta aparat keamanan Polri dan TNI menandatangani deklarasi damai penghentian konflik pascabentrokan dua kelompok Masyarakat Adat Makatana-Minahasa dan Masyarakat Muslim-Barisan Solidaritas Muslim.

Baca Juga

Kapolda Sulut Inspektur Jenderal (Irjen) Setyo Budiyono mengatakan, deklarasi damai tersebut ditandatangani di Kota Bitung, pada Selasa (28/11/2023) waktu setempat. “Deklarasi damai tersebut digelorakan oleh perwakilan-perwakilan organisasi kemasyarakatan dan keagamaan Muslim,” kata Setyo dalam siaran pers yang diterima wartawan di Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Menurut Setyo, ada empat hal penting dalam deklrasi damai yang ditandangani semua pihak itu. Yakni, semua sepakat bahwa dua kelompok masyarakat mengakhiri konflik yang sudah terjadi.

 

Masyarakat yang turut tanda tangan dalam deklrasi damai tersebut, pun sepakat untuk mendukung proses penegakan hukum terhadap para pihak yang terlibat dalam bentrokan Sabtu (25/11/2023). Selain itu, kata Kapolda, juga masing-masing pihak sepakat menolak segala macam bentuk provokasi.

“Dan sepakat untuk menolak segala bentuk aksi maupun pergerakan massa dari luar Kota Bitung yang hendak terlibat dalam situasi pascabentrokan,” begitu kata Setyo.

Para pihak, kata Setyo, juga sepakat untuk mencegah, dan menghindari penyebaran informasi bohong, atau simpang siur ke media sosial (medsos) terkait dengan yang terjadi di Kota Bitung. “Terakhir bersama-sama sepakat untuk menjaga keamanan, ketentraman, dan keterlibatan masyarakat Kota Bitung dalam menjaga kondusifitas Kota Bitung,” terang Setyo.

Menurut Kapolda, dengan penandatanganan deklarasi damai tersebut, diharapkan dapat menjamin keamanan di Kota Bitung, dan Sulut umumnya. “Kita sama-sama bersyukur, dan saya berterimakasih deklarasi damai tersebut dilakukan, sehingga kita dapat sama-sama melakukan hal-hal yang positif untuk Kota Bitung,” kata Setyo.

photo
Negara-negara yang memilih bermusuhan dengan Israel. - (Tim Infografis Republika.co.id)

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement