Selasa 28 Nov 2023 16:58 WIB

Musim Panen Durian Jadi Berkah Bagi Tenaga Kerja di Lebak

Panen durian tahun ini diprediksi melimpah akibat dampak kemarau.

Warga Suku Baduy Luar menunjukan buah durian yang akan dijualnya di Desa Kenekes, Lebak, Banten, Rabu (20/1/2021). Memasuki musim buah durian pada bulan Januari hingga Februari, warga Suku Baduy menjual berbagai jenis buah durian lokal dari kawasan Baduy tersebut dengan harga Rp30-50 ribu per buah.
Foto:

Buah durian dari Badui lebih unggul dengan rasa manis, beraroma, legit , dan buahnya tebal. Kebanyakan pembelinya penumpang yang turun dari angkutan commuter line Jakarta-Rangkasbitung.

 

"Kami selama panen durian bisa menyerap tenaga kerja sebanyak empat orang dan bisa menggaji Rp150 ribu per orang," kata Basit.

Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Deni Iskandar mengatakan selama ini komoditas hortikultura jenis durian menjadi andalan ekonomi masyarakat. Bisnis ini menyerap ribuan tenaga kerja mulai petani, tengkulak, pedagang pengecer, buruh panggul hingga transportasi angkutan dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

 

Produksi buah durian selama musim panen itu bisa memasok ke wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Perputaran uangnya bisa mencapai ratusan juta rupiah per hari.

 

"Kami minta petani dapat meningkatkan mutu dan kualitas buah durian unggul, sehingga bisa bersaing pasar dan menebus ekspor," kata Deni.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement