Senin 27 Nov 2023 21:50 WIB

ADKI Jabar Dikukuhkan, Pastikan Desa di Jabar Bebas Hoaks Jelang Pemilu 2024

Nantinya akan dibuat posko-posko di desa-desa seluruh Jabar.

Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Jawa Barat (Jabar) memastikan siap ikut menangkal hoax di Pemilu 2024
Foto: istimewa
Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Jawa Barat (Jabar) memastikan siap ikut menangkal hoax di Pemilu 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Jawa Barat (Jabar) memastikan siap ikut menangkal hoaks di Pemilu 2024. Hal ini dilakukan dengan cara mendirikan posko-posko di desa-desa seluruh Jabar.

"Kita juga akan mendukung penuh program dari dewan pembina kita Pak Budi Ari dari Kominfo. Di Jawa Barat kita akan mendirikan posko-pokso di seluruh Jawa Barat," ujar Ketua DPD ADKI Jabar Yulham Rizal, dalam keterangan persnya, Senin (27/11/2023).

Baca Juga

Yulham Rizal menyebut, posko-posko ini nantinya akan menampung informasi-informasi hoaks selama pemilu, terutama di wilayah Jabar.

"Untuk menampung masalah-masalah yang ada di Jawa Barat untuk penyebaran hoaks pemilu 2024 nanti," kata Yulham Rizal.

 

Menurut Yulham berita-berita hoaks ini membuat masyarakat mendapatkan informasi yang simpang siur. Pembentukan posko ini juga disebut sebagai bagian dari upaya membantu pemerintah. 

"Di sosial media kan banyak sekali isu-isu yang tidak benar yang simpang siur yang menjadikan isu tersebut tidak membuat masyarakat mendapat informasi yang jelas dan bagus. Kita akan bekerjasama mendirikan posko tersebut untuk membantu program pemerintah mengurangi penyebaran hoaks," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Asosiasi Desa Kreatif Indonesia Fikri El-Aziz mengatakan pihaknya akan berkeliling Jawa. Hal ini disebut untuk menindak lanjuti arahan Menkominfo Budi Ari Setiadi dan memastikan pemilu berjalan lancar.

"Kita mungkin akan keliling Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, nantinya kita sesuai arahan ketua dewan pembina bagaimana pemilu berjalan lancar sesuai diharapkan," kata Fikri.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement