Senin 27 Nov 2023 08:57 WIB

Airlangga Hartarto Lantik Paulus Waterpauw Sebagai Ketua DPD Golkar Papua Barat

Golkar Papua Barat ditarget sumbang tiga kursi DPR RI.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto saat menghadiri pelantikan pengurus DPD Golkar Papua Barat, Ahad (26/11/2023).
Foto: dok partai golkar
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto saat menghadiri pelantikan pengurus DPD Golkar Papua Barat, Ahad (26/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto resmi melantik mantan kapolda Papua Komjen Pol (purn) Paulus Waterpauw menjadi Ketua DPD Golkar Papua Barat. Airlangga mengesahkan komposisi DPD Partai Golkar Papua Barat masa bakti 2020-2025.

Dalam sambutannya, Airlangga mengatakan pengurus baru pimpinan Paulus Waterpauw memiliki tugas besar menuju agenda Pemilu 2024. Ia mengajak seluruh kader partai pohon beringin di Papua Barat berjuang memenangkan seluruh target Golkar di pemilu.

Baca Juga

Airlangga meminta Golkar di Papua Barat mampu meraih tiga kursi DPR RI, memenangkan pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, serta mengantarkan Paulus Waterpauw menjadi gubernur Papua Barat.

“Partai Golkar sangat serius, ini kemenangan kita adalah is now or never. Oleh karena itu kita kerja keras. Saya minta agar segera konsolidasikan tim pemenangan, siapkan saksi dan galang semua tokoh,” ujar Airlangga di Aston Nui Hotel Manokwari, dalam keterangan kepada Republika.co.id, Ahad (26/11/2023) malam. 

 

Ketum Golkar mengingatkan, bahwa partai nomor urut 4 di Pemilu 2024 ini adalah partai yang menjaga kesinambungan. Menurutnya, tahun depan menjadi momen bersejarah untuk Golkar yang akan genap berusia enam dekade atau 60 tahun.

Airlangga menegaskan, momentum emas ini harus disongsong dengan kemenangan Golkar di Pemilu 2024 agar menjadi partai terbesar di Tanah Air. “Segera konsolidasi hingga keseluruh wilayah distrik atau kampung di wilayah Papua Barat. Kita harus betul-betul siap dan harus menang, untuk menjamin kesejahteraan Masyarakat," tutur Airlangga di depan seluruh kader Golkar Papua Barat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menegaskan, kemenangan Golkar adalah untuk kepentingan rakyat. Dengan kemenangan di Pemilu 2024, Golkar bisa mengawal tiga komitmen isu strategis nasional. Yakni, pertumbuhan ekonomi, stabilitas politik, dan pemerataan pembangunan. 

"Kita menangkan alumnus kita Prabowo Subianto, sebagai presiden kita. Paulus Waterpauw Gubernur Papua Barat di tahun 2024 juga," tegas Airlangga.

Sementara, mantan penjabat gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw dalam pidatonya mengaku optimistis mampu memenangkan Golkar di wilayah Papua Barat. Ia meminta seluruh elemen partai serius dalam menghadapi Pemilu Legislatif dan Pilkada pada 2024 mendatang.

"Golkar Papua Barat harus memastikan bisa meraih kemenangan mulai dari tingkat pusat DPR RI tiga kursi, mampu mengamankan kursi Ketua DPRD tingkat Provinsi dan Kabupaten, dan juga memenangkan Pilkada tahun 2024," tegas Paulus Waterpauw.

Sosok yang juga pernah menjabat Kapolda Sumatra Utara ini menyatakan menjadi amanah besar bagi dirinya dipercayakan memimpin Partai Golkar di Papua Barat.

"Maka itu ini amanah besar saya ke depan dalam memimpin partai. Saya harus menjalankan partai ini bersama saudara semua, terutama pengurus. Untuk Pilpres kita menargetkan Prabowo-Gibran menang di atas angka 70 persen di Papua Barat," ujarnya.

Sebelumnya, Airlangga melantik John Tabo sebagai Ketua DPD Golkar Pegunungan, Ateng Edoway sebagai Ketua DPD Golkar Papua Tengah, Yusak Yaluwo sebagai Ketua DPD Golkar Papua Selatan, dan Lambertus Jitmau sebagai Ketua DPD Golkar Papua Barat Daya.

Pelantikan dihadiri oleh sejumlah petinggi DPP Partai Golkar, anggota Fraksi DPR RI, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi dan kabupaten di Papua Barat. Hadir juga, Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, Plt Sekda Papua Barat, Yakob Fonataba, Bupati Manokwari Hermus Indou, Bupati Kaimana Fredy Tie, sejumlah Pimpinan Parpol di Papua Barat, Ormas partai sayap, dan tokoh masyarakat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement