Senin 27 Nov 2023 07:29 WIB

PKS Tegaskan Ingin Jakarta Tetap Ibu Kota Negara, Ini Tiga Alasannya

Pulau Kalimantan akan jadi paru-paru dunia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi hijau.

Rep: Eva Rianti/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat launching program kampanye PKS di Hotel Bumi Wiyata, Kota Depok, Ahad (26/11/2023).
Foto:

Adapun dari segi pembangunan, PKS menilai upaya menghadirkan pemerataan pembangunan bukan dengan memindahkan Ibu Kota. Melainkan dengan membangun pusat ekonomi di kota kecil. 

"Pemerataan pembangunan bukan dilakukan dengan memindahkan Ibu Kota, tetapi dengan membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru berdasarkan keunggulan daya saing masing-masing wilayah. Membuat kota-kota menengah menjadi kota besar, dan kota-kota kecil menjadi kota-kota menengah. Membangun desa yang maju sebagai penopang kemajuan pembangunan kota," terangnya. 

Sementara dari segi keberlanjutan, Syaikhu mengatakan, PKS memandang perlunya pelestarian lingkungan hidup dan merawat ekologi demi generasi penerus bangsa. Dalam hal ini Pulau Kalimantan sebagai paru-paru dunia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi hijau. 

Oleh karena itu, jelasnya, Pulau Kalimantan harus ditempatkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi hijau. Yakni ekonomi yang mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi, lapangan kerja, dan kesejahteraan rakyat melalui pembangunan yang memajukan keragaman hayati dan kelestarian lingkungan hidup. 

"Green economy, green jobs, adalah masa depan Indonesia, dan Kalimantan akan menjadi motor utama dan pusat pertumbuhan ekonomi hijau Indonesia," kata Syaikhu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement