Sabtu 25 Nov 2023 12:16 WIB

Jokowi Sebut Tingkat Stres Guru Lebih Tinggi karena Perilaku Siswa

Penyebab stresnya para guru yakni karena perubahan kurikulum pendidikan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto:

Jokowi mengingatkan, Indonesia akan mengalami puncak bonus demografi sekitar tahun 2030. Karena itu, ia meminta seluruh guru untuk memanfaatkan peluang tersebut guna meningkatkan sumber daya manusia. Sehingga Indonesia bisa melompat menjadi negara maju.

"Ini adalah kesempatan emas bagi kemajuan negara kita Indonesia apabila bisa memanfaatkannya. Karena pembangunan oleh sebab itu pembangunan kualitas sumber daya manusia menjadi kunci dan itu menjadi tanggung jawab ibu dan bapak sekalian yang hadir di sini maupun yang tidak hadir di sini, yang memiliki profesi sebagai guru," ujar Jokowi.

Dalam sebuah peradaban negara, lanjut dia, peluang tersebut hanya muncul satu kali. Jika tidak bisa memanfaatkan peluang tersebut, menurut Jokowi, Indonesia akan terus terjebak menjadi negara berkembang. Dia kemudian mencontohkan kondisi di negara di Amerika Latin yang tidak bisa memanfaatkan peluang yang dimiliki.

"Peluang itu bisa kita manfaatkan jika kita mampu mencetak generasi unggul, generasi yang tangguh, generasi yang sehat fisik dan mentalnya, generasi yang berkeIndonesiaan yang cerdas dan terampil," ujar Jokowi.

Dia mengatakan, pembangunan sumber daya manusia dan peningkatan kualitas SDM menjadi kunci utama agar Indonesia bisa maju. Hal itu juga disampaikan oleh berbagai lembaga internasional.

"Oleh sebab itu kita harus hati-hati betul memanfaatkan peluang ini bisa tidak masuk ke Indonesia emas di 2045 dan kuncinya sekali lagi di kualitas pembangunan sumber daya manusia dan semua itu hanya bisa diraih dengan guru-guru yang unggul dan hebat," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement