Sabtu 25 Nov 2023 06:36 WIB

TKD Prabowo-Gibran Targetkan Menang Telak di Kandang Anies

Jadi kandang Anies, Jakarta merupakan battle ground luar biasa bagi Prabowo-Gibran.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran, Ahmed Zaki Iskandar (ketiga dari kanan) dan sekretarisnya Ahmad Riza Patria (kedua dari kiri) menyampaikan keterangan pers usai menggelar rapat perdana di Kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Cikini, Jumat (24/11/2023) malam.
Foto: Republika/ Febryan A
Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran, Ahmed Zaki Iskandar (ketiga dari kanan) dan sekretarisnya Ahmad Riza Patria (kedua dari kiri) menyampaikan keterangan pers usai menggelar rapat perdana di Kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Cikini, Jumat (24/11/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka DKI Jakarta menargetkan jagoan mereka menang meski ibu kota adalah wilayah yang dikuasai capres Anies Rasyid Baswedan. Bahkan, TKD Prabowo-Gibran yakin bisa menang telak dengan raihan suara 55 persen di Jakarta.

"Jakarta merupakan battle ground yang luar biasa. Ini tempatnya Pak Anies, tapi kita juga punya Bang Riza Patria. Kalau di sana ada gubernurnya, di sini ada wakil gubernurnya," kata Ketua TKD DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar kepada wartawan di Kantor DPD Partai Golkar DKI, Cikini, Jakarta Pusat Jumat (24/11/2023) malam WIB.

Baca Juga

Anies merupakan gubernur DKI periode 2017-2022. Wakil Gubernur pendamping Anies sejak 2020 adalah Ahmad Riza Patria yang kini menjabat sebagai Sekretaris TKD Prabowo-Gibran DKI Jakarta.

Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia pada awal Oktober 2023, tingkat keterpilihan Anies sebagai capres berada di angka 40,3 persen. Adapun elektabilitas Prabowo sebesar 27 persen.

 

Zaki menjelaskan, secara spesifik, TKD menargetkan Prabowo-Gibran menang telak di ibu Kota. Target yang terbilang tinggi itu diperlukan untuk memastikan Prabowo-Gibran memenangi Pilpres 2024 dalam satu putaran.

Meski sudah memasang target spesifik, TKD DKI belum menetapkan strategi bersifat spesifik untuk mencapainya karena masih menanti hasil survei terbaru. "Target 55 persen bayangkan tuh, tapi strateginya kita lihat hasil survei nanti," kata mantan Bupati Tangerang itu.

Kendati begitu, menurut Zaki, TKD bertekad mencapai target tersebut dengan cara meyakinkan masyarakat Jakarta lewat penyampaian program-program unggulan pasangan calon nomor urut 2 itu. Bakal disampaikan pula kebijakan yang berkaitan dengan masalah utama di Jakarta seperti banjir, macet, dan pengangguran.

Sementara itu, Zaki yang merupakan mantan bupati Tangerang resmi menjadi Ketua TKD Prabowo-Gibran di Jakarta. Posisi sekretaris ditempati oleh Ketua DPD Gerindra DKI sekaligus eks wakil gubernur DKI Ahmad Riza Patria.

Zaki mengatakan, pengisian posisi ketua TKD DKI Jakarta sepenuhnya ditentukan oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Setahu Zaki, dirinya dan Riza adalah dua kandidat yang dipertimbangkan untuk memimpin TKD DKI Jakarta. "Per tanggal 10 November baru keluar SK (surat keputusan) TKN mengenai penetapan ketua TKD DKI Jakarta, yaitu saya," kata Zaki.

Ketua DPD Golkar DKI tersebut menjelaskan, setelah ditetapkan sebagai ketua, ia langsung menyusun struktur lengkap TKD DKI Jakarta. Zaki menempatkan Riza Patria untuk membantunya sebagai sekretaris. Adapun koleganya dari Golkar, yaitu Eva Wibisono ditunjuk sebagai bendahara.

Terkait target, Zaki mengaku ingin memenangkan pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 di DKI Jakarta. Dia yakin bisa meraih target tersebut karena sembilan partai politik pendukung Prabowo-Gibran sudah punya jaringan di Jakarta.

Selain itu, sambung dia, ada Riza yang bisa mendongkrak suara karena sudah dikenal  masyarakat sebagai wakil gubernur DKI pendamping Gubernur Anies. "Kalau di sana (pasangan Anies-Muhaimin) ada gubernurnya, di sini ada wakil gubernurnya," ujar Zaki.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement