Kamis 23 Nov 2023 16:07 WIB

50 Pelaku UMK akan Digembleng dalam Pelatihan Gedor Ekspor  

Usaha menengah mikro perlu untuk ditingkatkan mutunya.

Aktivitas ekspor impor (ilustrasi). Usaha menengah mikro perlu untuk ditingkatkan mutunya
Foto: bea cukai
Aktivitas ekspor impor (ilustrasi). Usaha menengah mikro perlu untuk ditingkatkan mutunya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sebanyak 50 pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) terseleksi kembali mengikuti Program Pelatihan Gedor Ekspor Inkubator. Program pelatihan yang difasilitasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) ini merupakan kelanjutan program Gedor Ekspor yang dimulai sejak 2022. 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini bertujuan untuk membangun kewirausahaan yang berorientasi ekspor. Melalui program ini, kami melakukan kurasi (penilaian dan seleksi) terhadap sekitar 100 pelaku UMK dampingan. 

Baca Juga

“Dari jumlah itu, terpilih 50 pelaku UMK yang mengikuti program inkubasi bisnis,” kata Group Head Sekretariat Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Ali Mulyono, Kamis (23/11/2023) dalam keterangannya. 

Program Pelatihan Gedor Ekspor difasilitasi Dewi Harlas (praktisi ekspor founder Ekspor Indonesia) dan Tuhu Eko sebagai marketing dan pakar ekspor. 

Ke-50 pelaku UMK ini merupakan wirausahawan yang lolos seleksi. Mereka adalah para pelaku UMK binaan yang dijaring dari seluruh wilayah kerja Pelindo, mulai dari kantor pusat hingga kantor regional 1 sampai regional 4. 

Sebelumnya, tim Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo telah melakukan seleksi peserta, yang dilaksanakan pada awal November 2023. 

Program Gedor Ekspor ini dilaksanakan sesuai dengan fokus Program Prioritas TJSL dalam mendukung pengembangan UMK. Selama pelatihan, peserta mendapatkan materi tentang strategi penjualan di platform e-commerce besar, seperti Tokopedia & Bukalapak, cara mengelola media sosial secara efektif, serta penggunaan perangkat digital untuk mengoptimalkan bisnis mereka di era digital saat ini dan mendorong ekspor.

Baca juga: Syekh Isa, Relawan Daarul Quran di Gaza Syahid Sekeluarga dan Kisah Putri Dambaannya

Ali menambahkan, para peserta tidak hanya menerima pengetahuan baru, tapi mereka juga membangun komunitas yang saling mendukung satu sama lain, untuk beradaptasi di dunia bisnis yang terus berubah.

“Pelindo sebagai BUMN di bidang kepelabuhanan berkomitmen untuk terus menjalankan peran sebagai agent of development dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, melalui peningkatan kapasitas pelaku usaha kecil dan menengah,” jelasnya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement