Kamis 23 Nov 2023 06:54 WIB

Seorang Warga Parung Panjang, Bogor Terpapar Cacar Monyet

Dinkes Kabupaten Bogor sebut ada seorang warga Parung Panjang terpapar cacar monyet.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Kasus Monkeypox/cacar monyet (ilustrasi). Dinkes Kabupaten Bogor sebut ada seorang warga Parung Panjang terpapar cacar monyet.
Foto: Freepik
Kasus Monkeypox/cacar monyet (ilustrasi). Dinkes Kabupaten Bogor sebut ada seorang warga Parung Panjang terpapar cacar monyet.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor mencatat satu warganya ada yang terpapar Monkey Pox (Mpox) atau cacar monyet. Warga itu berdomisili di Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor.

Kepala Dinkes Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina, mengatakan warga yang terpapar cacar monyet itu berjenis kelamin laki-laki. Saat ini pasien tersebut sudah dalam penanganan.

Baca Juga

“Sudah pasti pasien itu dilokalisasi dulu sampai dia sembuh, jangan lupa masyarakat (menerapkan) perilaku hidup bersih sehat (PHBS), kunci utama,” kata Mike, Rabu (22/11/2023).

Lebih lanjut, Mike mengatakan, pasien tersebut diketahui bekerja di wilayah Tangerang Selatan. Diduga pasien terpapar virus cacar monyet dari lingkungan ia bekerja.

“Jadi itu yang bersangkutan itu kan kerjanya bukan di wilayah kita (Kabupaten Bogor), di wilayah Tangerang Selatan. Walaupun demikian, sudah langsung ditindaklanjuti oleh surveilans kita. Jadi sudah di survei dan sudah ditangani,” katanya menjelaskan.

Terpisah, Sekretaris Dinkes Kabupaten Bogor, Agus Fauzi, mengatakan apabila daya tahan tubuh pasien bagus, sebenarnya pasien bisa menjalani proses rawat jalan. Akan tetapi, apabila pasien cacar monyet memiliki penyakit sekunder yang menyertai, maka ia membutuhkan perawatan khusus.

“Yang jelas kalau penularan, cacarnya menular. Cuma kan tidak seperti Covid-19 yang sampai diisolasi gitu,” ujarnya.

photo
Calon Nama Baru Cacar Monyet, Apa Saja? - (Reuters)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement