Rabu 22 Nov 2023 13:07 WIB

Vaksinasi Cacar Monyet Dosis 2 Mulai Bergulir di DKI

Vaksinasi dosis kedua ditujukan bagi 495 orang yang sudah mendapatkan dosis pertama.

Vaksin cacar monyet. Pemberian dosis kedua vaksin cacar monyet diberikan selang empat pekan (28 hari) dari suntikan dosis pertama.
Foto: Sholten Singer/The Herald-Dispatch via AP
Vaksin cacar monyet. Pemberian dosis kedua vaksin cacar monyet diberikan selang empat pekan (28 hari) dari suntikan dosis pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Kesehatan DKI Jakarta mulai vaksinasi cacar monyet (monkeypox) dosis kedua. Program ini ditujukan kepada 495 orang yang sudah mendapatkan dosis pertama.

 

Baca Juga

"Vaksinasi dosis dua mulai dilakukan kemarin, 21 November, sebanyak 1.000 dosis untuk 495 orang yang sudah diberikan dosis 1 sebelumnya," kata Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Diskes) DKI Jakarta Ngabila Salama saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (22/11/2023).

 

 

Pemberian dosis kedua vaksin cacar monyet diberikan selang empat pekan (28 hari) dari suntikan dosis pertama. Saat ini, sudah 13 orang yang menerima vaksinasi dosis kedua, sisanya dalam tahap proses.

photo
Beda cacar monyet dan cacar air. - (Republika)

Dinkes DKI memberikan vaksin dosis pertama periode 23 Oktober hingga 3 November 2023. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga menyediakan 4.500 dosis vaksin mpox serta 1.008 botol antivirus tecovirimat sebagai upaya pengobatan pasien dan diprakirakan antivirus tersebut tersedia pada pekan keempat November 2023.

 

Berdasarkan data terbaru, Dinkes DKI Jakarta mencatat sebanyak 24 dari 41 penderita cacar monyet di DKI Jakarta sepanjang 2023 sudah selesai diisolasi atau dinyatakan sudah sembuh.

 

"Kasus positif pada 2023 ada 41 orang, positivity polymerase chain reaction (PCR) 24 persen. Untuk kasus ini ada 24 dari 41 kasus mpox DKI Jakarta telah sembuh dan selesai isolasi," ujar Ngabila.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement