Selasa 21 Nov 2023 17:28 WIB

Kasus Cacar Monyet Ada 51 di Lima Provinsi, Temuan Terbaru Berasal dari Kepri dan Jatim

Sebanyak 30 dari 51 penderita cacar monyet sudah sembuh.

Penderita Mpox alias cacar monyet (ilustrasi). Kasus cacar monyet paling banyak bersumber dari DKI Jakarta dan Jawa Barat.
Foto: Freepik
Penderita Mpox alias cacar monyet (ilustrasi). Kasus cacar monyet paling banyak bersumber dari DKI Jakarta dan Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melaporkan kasus cacar monyet (Mpox) telah terdeteksi di lima provinsi di Indonesia. Informasi tersebut berdasarkan laporan terbaru yang terbit pada 20 November 2023.

"Total laporan harian Mpox sampai dengan 20 November 2023 mencapai 51 kasus konfirmasi dan 30 pasien di antaranya sudah sembuh," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Baca Juga

Laporan tersebut menginformasikan kasus Mpox terbanyak dilaporkan dari DKI Jakarta sebanyak 38 kasus dengan 23 kasus di antaranya dinyatakan sembuh. Selanjutnya, enam kasus konfirmasi Mpox dilaporkan dari Provinsi Jawa Barat dengan angka kesembuhan dua orang.

photo
Vaksin cacar monyet yang dipakai di AS. - (Republika)

Banten melaporkan kasus serupa sebanyak lima kasus, seluruhnya dilaporkan sembuh. Laporan terbaru kasus Mpox di Indonesia datang dari Provinsi Kepulauan Riau dan Jawa Timur, masing-masing satu kasus yang kini masih dalam proses pemulihan kesehatan.

Nadia mengatakan vaksinasi Mpox hingga saat ini baru tersedia di DKI Jakarta karena ketersediaan jumlah vaksin yang terbatas. Kemenkes menyediakan 4.500 dosis vaksin Mpox serta 1.008 botol antivirus tecovirimat, sebagai upaya pengobatan pasien.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement