Ahad 19 Nov 2023 10:20 WIB

Istri Cak Imin Bicara Program AMIN untuk Perempuan dan Anak

Perempuan dan anak menjadi salah satu fokus pemberdayaan pasangan AMIN.

Istri Muhaimin Iskandar, Rustini Murtadho (tengah), menyosialisasikan program pemberdayaan perempuan dan anak pasangan AMIN.
Foto: Dok. Pri
Istri Muhaimin Iskandar, Rustini Murtadho (tengah), menyosialisasikan program pemberdayaan perempuan dan anak pasangan AMIN.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG - Istri calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar, Rustini Murtadho, melakukan safari ke sejumlah titik wilayah di Jawa Barat. Kegiatan ini untuk menyosialisasikan keberpihakan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) terhadap pemberdayaan perempuan dan anak.

“Perempuan dan anak menjadi salah satu fokus pemberdayaan pasangan AMIN. Keberpihakan terhadap perempuan dan anak ini menjadi modal dasar untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ujar Rustini di hadapan ratusan perempuan penggerak di Karawang, Sabtu (18/11/2023).

Baca Juga

Dalam keterangan tertulisnya tersebut Rustini mengatakan, pasangan AMIN menilai saat ini ada kesenjangan indikator ekonomi makro dengan fakta sosial di lapangan. Meskipun pertumbuhan ekonomi selalu tumbuh positif, namun angka kemiskinan tetap tinggi, jumlah stunting tetap besar, hingga lapangan kerja masih tetap sulit.

“Berbagai fakta sosial ini kerap menempatkan perempuan dan anak dalam situasi sulit, karena mereka lah yang terdampak langsung atas berbagai kesulitan yang terjadi,” katanya. 

Kesulitan perempuan yang menjadi ibu rumah tangga, lanjut Rustini, akhir-akhir ini kian bertumpuk seiring kenaikan harga kebutuhan pokok. Melejitnya harga beras hingga cabai membuat mayoritas ibu rumah tangga terpaksa kencangkan ikat pinggang.

“Maka dibutuhkan momentum perubahan sehingga kesulitan yang dialami emak-emak ini tidak terus berlanjut,” katanya. 

Mbak Rose -sapaan akrab Rustini Murtadho- mengungkapkan, pasangan AMIN mempunyai program konkret untuk perempuan dan anak jika menjadi presiden dan wakil presiden 2024-2029. Pasangan AMIN misalnya akan memastikan ibu hamil mendapatkan nutrisi gizi cukup sejak mulai kehamilan hingga 100 hari pascamelahirkan.

“Hal ini untuk memastikan anak-anak yang lahir di bumi Indonesia tidak mengalami stunting. Pasangan AMIN akan mengaktifkan kembali PKK, posyandu, hingga menyediakan puskesmas di tiap desa agar tumbuh kembang anak terpantau secara menyeluruh,” katanya. 

Pasangan AMIN, kata Mbak Rose juga akan memastikan perlakuan setara bagi perempuan yang bekerja di berbagai sektor publik. Perlindungan terhadap perempuan ini juga akan dilakukan pasangan AMIN dengan memastikan implementasi UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).

“Saat ini UU TPKS belum sepenuhnya optimal, pasangan AMIN akan memastikan implementasinya. Dengan demikian kekerasan seksual terhadap perempuan baik di sektor domestik dan publik bisa diminimalkan,” katanya. 

Untuk pascapenetapan nomor urut peserta Pilpres 2024, pasangan AMIN langsung tancap gas lakukan sosialisasi. Pasangan nomor urut 1 ini menggerakan seluruh elemen partai dan relawan untuk sosialisasikan visi AMIN yang bertajuk Adil Makmur untuk Semua. Seperti safari politik Rustini Murtadho di Jawa Barat. Dalam kegiatan tersebut Rustini tampak didampingi Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda, Anggota DPR RI Nur Nadlifa, hingga Ketua DPC Karawang Rahmad Hidayat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement