Kamis 16 Nov 2023 16:51 WIB

Komposisi Timnas AMIN yang Dinilai Refleksikan Tim yang Inklusif

Sudirman Said mengakui tidak banyak sosok berlatar belakang pengusaha di Timnas AMIN.

Tim pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar AMIN saat diumumkan secara perdana di rumah pemenangan, Jalan Pangeran Diponegoro 10, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Tim pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar AMIN saat diumumkan secara perdana di rumah pemenangan, Jalan Pangeran Diponegoro 10, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Wahyu Suryana, Eva Rianti

Struktur Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN sudah resmi diumumkan. Pengamat politik, Yusak Farchan menilai, Timnas Amin yang dikomandani Kapten Timnas, Marsekal Madya TNI (Purn), Muhammad Syaugi Alaydrus, cukup merefleksikan tim yang inklusif.

Baca Juga

"Merefleksikan performa tim yang inklusif karena diisi oleh tokoh-tokoh dari berbagai latar belakang," kata Yusak, Rabu (15/11/2023).

Ia menerangkan, Timnas Amin berisikan tidak cuma politisi, tapi ada budayawan, ekonom, ulama, akademisi, tokoh perempuan sampai aktivis buruh. Yusak berpendapat, semua itu menandai tim yang kuat dan solid. Dekan Fisip Universitas Pamulang (Unpam) itu melihat, dari sisi portofolio tim Timnas Amin sudah diisi orang-orang berpengalaman. Artinya, mereka memiliki jam terbang politik yang cukup memadai.

Namun, Yusak mengingatkan, tantangan elektoral yang nantinya dihadapi Timnas AMIN akan cukup kompleks. Karenanya, Direktur Eksekutif Citra Institute itu menekankan, perlu kepiawaian dari sosok Kapten Timnas.

"Kepiawaian kapten dalam meramu sumber daya timnas menjadi variabel penting pemenangan Anies-Muhaimin," ujar Yusak.

Pada Selasa (14/11/2023), pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 'AMIN' akhirnya mengumumkan kapten beserta pasukan tim pemenangan AMIN. Marsekal Madya (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus ditunjuk jadi Ketua Tim Pemenangan pasangan calon dari Koalisi Perubahan tersebut. Capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan secara langsung mengumumkan kapten tim pemenangan AMIN serta pasukan-pasukannya dalam konferensi pers pengumuman tim pemenangan AMIN di rumah perubahan, Jalan Pangeran Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat.

"Nama-nama yang berada di Timnas AMIN, kapten Timnas adalah Marsekal Madya Muhammad Syaugi," kata Anies, Selasa. 

Kemudian, Anies juga mengumumkan co-capt tim pemenangan AMIN. Sosoknya merupakan nama yang berseleweran dan dekat dengan Anies, yakni Sudirman Said.  

Selain Sudirman Said, ada deretan co-capt tim pemenangan AMIN lainnya. Mereka adalah Thomas Trikasih Lembong, Al Muzammil Yusuf, Nihayatul Wafiroh, Azrul Tanjung, Nasirul Mahasin, Leontinus Alpha Edison, Yusuf Muhammad Martak, Ki KTT H Lebdo Nagoro Anom Suroto, Ki KTT H Lebdo Nagoro Anom Suroto, Mohammad Jumhur Hidayat, Maksum Faqih, dan Suyoto. 

Selain itu ada juga Novita Dewi sebagai Sekretaris Jenderal Timnas, Gede Widiade sebagai Bendahara Umum Timnas, dan Ari Yusuf Amir sebagai Ketua Tim Hukum Nasional Timnas AMIN. 

"Terbentuknya Timnas AMIN bukan berfungsi mengkotakkan bukan untuk mebentukan siapa di dalam siapa di luar. Ini untuk memenuhi persyaratan dari KPU dimana pasangan harus memiliki tim pemenangan," ujar Anies.

photo
Timnas Pemenangan AMIN - (infografis Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement