Rabu 15 Nov 2023 16:46 WIB

TransJakarta Beroperasi Sampai Pukul 01.00 WIB Layani Penonton Coldplay

Polda Metro Jaya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas bersifat situasional.

Rep: Ali Mansur/ Red: Agus raharjo
Chris Martin of Coldplay performs at the Rose Bowl, Saturday, Sept. 30, 2023, in Pasadena, Calif.
Foto: AP Photo/Chris Pizzello
Chris Martin of Coldplay performs at the Rose Bowl, Saturday, Sept. 30, 2023, in Pasadena, Calif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyesuaikan layanan operasional bus TransJakarta khusus hari ini Rabu (15/11/2023) hingga dini hari. Hal itu dilakukan untuk melayani para penonton konser grup musik asal Inggris, Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) malam ini.

“Ketiga layanan tersebut adalah koridor (3F) Kalideres-GBK, (9C) Pinang Ranti – GBK, dan (10H) Tanjung Priok-Blok M,” ujar Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta Wibowo dalam keterangannya dikutip pada Rabu (15/11/2023).

Baca Juga

Wibowo menjelaskan, tiga rute layanan yang mengalami penyesuaian  merupakan rute yang melintas dan juga terintegrasi menuju sekitar SUGBK. Kata dia, rute-rute tersebut diperpanjang hingga pukul 01.00 WIB dini hari dari yang sebelumnya hingga pukul 22.00 WIB. Dengan penyesuaian jam layanan tersebut, diharapkan mengakomodir para penonton konser Coldplay menuju atau pulang dari GBK.

“Kita berharap, masyarakat yang menonton konser bisa menggunakan layanan transportasi publik, khususnya Transjakarta sehingga lebih fleksibel,” tegas Wibowo.

 

Pejabat Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyebut rekayasa lalu lintas (lalin) di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) lebih bersifat situasional sehubungan dengan penyelenggaraan konser grup band asal Inggris, Coldplay, Rabu malam.

 

"Tidak ada yang khusus, rekayasa lebih bersifat situasional dari petugas di lapangan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Rabu.

 

Syafrin mengimbau agar penonton yang hadir bisa menggunakan angkutan umum menuju SUGBK untuk mencegah kepadatan lalin. Waktu layanan angkutan umum massal, kata Syafrin akan ditambah seperti TransJakarta yang beroperasi sampai dengan 16 November 2023 pukul 01.30 WIB. Begitupun layanan MRT Jakarta yang akan beroperasi sampai dengan pukul 01.30 WIB.

 

Seluruh penonton, kata Syafrin akan diturunkan (drop off) di pintu-pintu masuk SUGBK dan selanjutnya kendaraan yang mengantar diarahkan ke lokasi parkir yang sudah disiapkan panitia penyelenggara. Yaitu di Hotel Mulia, Hotel Fairmont, TVRI, dan FX Sudirman.

Sebelumnya dari Polda Metro Jaya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas bersifat situasional terkait konser grup band asal Inggris, Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Berikut rincian rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan pada pukul 14.00 WIB hingga 24.00 WIB di sekitar kawasan SUGBK:

- Lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi.

- Lalu lintas dari arah Slipi ke arah Semanggi diluruskan, tidak ada yang menuju layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

- Lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi.

- Lalu lintas dari arah Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

- Lalu lintas dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang akan menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri Jalan Tentara Pelajar.

- Lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang akan menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau.

- Lalu lintas dari arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan gelora diluruskan ke arah Jalan tentara pelajar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement