Rabu 15 Nov 2023 10:22 WIB

Bantahan KPU Atas Anggapan Nomor Urut Paslon Capres-Cawapres Hasil Setting-an

Diketahui nomor urut paslon capres-cawapres sesuai dengan nomor parpol pendukung.

Tiga pasangan Capres dan Cawapres memegang plakat nomer urut usai pengundian di KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023)malam.
Foto:

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan mengaku bersyukur berapa pun nomor urut yang dia dapat karena menilai nomor urut tersebut selalu ada hikmahnya. “Kita semua bersyukur, satu bersyukur, dua bersyukur, tiga bersyukur, alhamdulillah. Semua pasti ada hikmahnya,” kata Anies ditemui usai penetapan nomor urut calon presiden dan calon wakil presiden di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa.

Anies Baswedan mengklaim nomor urut satu merepresentasikan kemampuan ia dan pasangannya, Muhaimin Iskandar, untuk menjadi pemimpin. Dia mencontohkan substansi pidato Muhaimin yang kemudian diapresiasi pasangan calon lainnya.

“Dan nomor satu ini, seperti tadi, ketika memberi sambutan, langsung jadi referensi yang nomor dua, referensi nomor tiga. Referensinya siapa? Yang nomor pertama. Jadi selalu ada hikmahnya,” kata Anies.

Sementara, calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Gibran Rakabuming Raka mengatakan tetap optimistis usai ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai pasangan calon presiden nomor urut dua pada Pemilu 2024. Selain itu, Gibran juga mengangkat jari telunjuk dan tengah-nya membentuk angka dua yang juga bermakna perdamaian atau peace ketika ditanya awak media mengenai perasaan dia setelah mendapat nomor urut dua tersebut.

“Tetap optimistis, ya,” ucap Gibran singkat.

Adapun, calon presiden Ganjar Pranowo mengaku senang mendapatkan nomor urut tiga pada Pemilu 2024 karena sesuai dengan sila ketiga Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia.

"Jadi, kita mendapatkan nomor tiga itu pas sesuai dengan sila ketiga 'Persatuan Indonesia', kita satukan semuanya dalam proses politik yang menggembirakan," kata Ganjar dalam pidatonya usai pengundian dan penetapan nomor urut calon presiden-wakil presiden di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa malam.

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah mengatakan bahwa pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan wakil presiden Mahfud Md mendapatkan nomor urut tiga dalam Pilpres 2024 sesuai dengan nomor urut PDIP. Dia menilai nomor urut dalam pilpres itu akan memudahkan PDIP untuk berkampanye secara paralel, baik pileg dan pilpres.

"Pasangan Ganjar-Mahfud mendapatkan nomor urut tiga. Nomor ini sesuai dengan nomor PDI Perjuangan sebagai peserta pemilu legislatif," kata Said dalam keterangannya di Jakarta, Selasa malam.

photo
Timnas Pemenangan AMIN - (infografis Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement