Selasa 07 Nov 2023 21:19 WIB

Ini Harapan Para Santri di Palembang kepada Pasangan Ganjar-Mahfud

Para santri menitipkan harapan besar untuk Ganjar-Mahfud.

Pelatihan kepadan para santri di Pondok Pesantren Sultan Mahmud Badaruddin Kecamatan Sukarami, Kota Palembang.
Foto: Dok. Web
Pelatihan kepadan para santri di Pondok Pesantren Sultan Mahmud Badaruddin Kecamatan Sukarami, Kota Palembang.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kelompok sukarelawan Ganjar Pranowo bernama Santri Dukung Ganjar (SDG) terus melakukan Safari Pondok Pesantren di wilayah Sumatera Selatan untuk membantu para pengurus pondok pesantren dan para santri yang membutuhkan.

Kali ini, mereka menyambangi Pondok Pesantren Sultan Mahmud Badaruddin Kecamatan Sukarami, Kota Palembang untuk menggelar pelatihan desain grafis dan menyerahkan bantuan peralatan.

Baca Juga

"Penyerahan bantuan seperti speaker itu juga untuk dipergunakan pengurus pondok pesantren untuk mempermudah (menunjang) kegiatan santri putra dan santri putri," kata Koordinator Wilayah (Korwil) SDG Sumatera Selatan, Paisal Tanjung, seperti dinukil pada Selasa (7/11/2023). 

Pada kesempatan itu, para sukarelawan SDG turut menyosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden yang berpasangan dengan Calon Wakil Presiden Mahfud MD, kepada para santri.

Para santri pun menitipkan harapan untuk Ganjar-Mahfud agar mereka bisa lebih mengembangkan kualitas pendidikan di pondok pesantren setelah pasangan tersebut terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

"Harapan santri putra dan santri putri jika memang nantinya Pak Ganjar diberikan kesempatan untuk memimpin bangsa ini. Maka, teruslah konsisten. Selalu menjaga silaturahmi dengan pondok pesantren. Memperhatikan kaum pemuda, memperhatikan para kiai, para santri dan juga menjunjung tinggi toleransi beragama," kata dia.

Harapan yang sama disampaikan Ahmad Tohir Salim sebagai salah seorang pengurus pesantren yang mewakili pimpinan pondok pesantren Sultan Mahmud Badaruddin Kota Palembang pada kegiatan tersebut. 

"Harapan pondok pesantren terhadap Pak Ganjar, semoga bisa memimpin negara kita negara Indonesia ini (menjadi) negara yang adil, makmur dan sejahtera," katanya.

Dia mengapresiasi kedatangan para sukarelawan Ganjar-Mahfud ke tempatnya tak hanya bersilaturahmi tapi sekaligus untuk melakukan pelatihan desain grafis yang diikuti para santri.

"Kami juga sangat berterima kasih karena relawan Pak Ganjar ini sering (berkomunikasi dengan pesantren), bukan kali ini saja. Beberapa bulan lalu, seminggu sekali beliau bersilaturahim. Sehingga, bisa membantu keperluan santri walaupun tak seberapa," katanya.

Sementara itu, salah seorang santri bernama Tio Pratama Situmorang mengaku optimistis pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud akan memajukan pondok pesantren di Indonesia.

"Semoga Pak Ganjar diberikan hasil yang terbaik untuk menjadi Presiden dan lebih memperhatikan rakyat dan santri di pondok pesantren," ujar Tio mendoakan Ganjar-Mahfud menang.

Ini bukan kali pertama kelompok serupa bergerak di Palembang. Sebelumnys, SDG menyalurkan bantuan berupa material bangunan untuk Pondok Pesantren (Ponpes) Sultan Mahmud Badaruddin yang terletak di Talang Jambe, Kecamatan Sukarami, Palembang, Sumsel. 

Koordinator Wilayah SDG Sumsel Samsul Bahri mengatakan, bantuan yang diberikan berupa semen sebanyak 100 sak, enam kubik pasir hitam, dan tiga kubik batu koral.

Menurut dia, hal itu menjadi bentuk kepedulian relawan SDG untuk pengembangan ponpes di Indonesia.  Samsul menjelaskan bantuan tersebut diperuntukkan untuk perbaikan jalan dan area lapangan di Ponpes Sultan Mahmud Badaruddin. Hal ini karena jalan dan lapangan ponpes tersebut yang kondisinya cukup memprihatinkan. 

"Di sini kami melihat, pondok pesantren yang kondisi jalannya kurang baik, masih tanah. Lapangan yang digunakan para santri untuk olahraga dan upacara ini, juga kondisinya kurang baik. Masih tanah yang kurang rata dan ditumbuhi rumput-rumput liar," kata Samsul, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement