Ahad 05 Nov 2023 15:27 WIB

Anies Baswedan Puji Menlu Retno karena Suarakan Kemerdekaan Palestina di Forum Dunia

Menlu Retno menegaskan pemerintah berkomitmen memerjuangkan kemerdekaan Palestina.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Agus raharjo
Ribuan warga mengikuti Aksi Damai Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Jakarta, Ahad (5/11/2023). Aksi yang diikuti massa dari lintas agama itu mengecam serangan Israel ke Palestina.
Foto: Edwin Putranto/Republika
Ribuan warga mengikuti Aksi Damai Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Jakarta, Ahad (5/11/2023). Aksi yang diikuti massa dari lintas agama itu mengecam serangan Israel ke Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Bakal calon presiden (capres) Anies Rasyid Baswedan memuji Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Jakarta Pusat pada Ahad (5/11/2023). Anies juga mengaku bangga dengan Menlu Retno karena telah mewakili Indonesia di forum dunia.

"Kita bangga dengan kementerian luar negeri, kita bangga dengan Ibu Menlu Retno yang telah mewakili Indonesia di forum dunia dan membuat kita merasakan kebanggaan itu," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat pada Ahad (5/11/2023).

Baca Juga

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan pemerintah berkomitmen memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina atas penjajahan Israel.

 

 

"Atas nama pemerintah Indonesia menegaskan kembali atas perjuangan bangsa Palestina. Kita berkumpul, bersatu untuk menunjukkan solidaritas terhadap kemanusiaan," kata dia.

Ia menambahkan bantuan terhadap Palestina dalam segala bentuk mulai dari moril maupun materil akan terus disampaikan. "Dan ini bukan hanya bantuan dari pemerintah tapi seluruh rakyat Indonesia. Untuk bantuan selanjutnya akan dipersiapkan," kata dia.

Sebelumnya diketahui, aksi bela Palestina di gelar di Monas, Jakarta Pusat, Ahad (5/11/2023). Massa aksi bela Palestina terus berdatangan dari berbagai penjuru wilayah ke Monas.

Mereka datang dari wilayah DKI Jakarta dan luar Jakarta. Massa yang datang dari arah Jakarta Timur atau dari arah Jakarta Utara dengan menggunakan kendaraan motor dan mobil, harus parkir di Jalan Kwitang untuk bisa sampai ke Monas. Jarak Kwitang ke Monas sekitar 2 kilometer dan mereka harus berjalan kaki untuk sampai ke Monas tempat digelarnya aksi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement