Sabtu 04 Nov 2023 18:37 WIB

Aksi Solidaritas untuk Palestina di Ambon: Murni Aksi Kemanusiaam tak Pandang Agama

Aksi solidaritas Palestina ini dijadwalkan untuk dua pekan hingga 18 November 2023.

Aksi solidaritas untuk Palestina (ilustrasi). Ribuan warga di Kota Ambon kembali menggelar aksi solidaritas untuk Palestina.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Aksi solidaritas untuk Palestina (ilustrasi). Ribuan warga di Kota Ambon kembali menggelar aksi solidaritas untuk Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan warga di Kota Ambon kembali menggelar aksi solidaritas untuk Palestina dalam rangka menyuarakan perdamaian, hak asasi manusia, dan kemerdekaan bagi rakyat dan bangsa Palestina. Aksi solidaritas ini diinisiasi Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Kota Ambon, dengan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat serta sejumlah elemen masyarakat.

“Bahwa aksi ini murni kemanusiaan, kita tidak memandang agama, dasarnya bukan agama,“ kata Ketua IKADI Kota Ambon, Mursaid, di Ambon, Sabtu (4/11/2023).

Baca Juga

Ia mengaku, dalam aksi ini telah dijadwalkan untuk dua pekan hingga 18 November 2023, yakni akan digelar doa bersama di Lapangan Galunggung, Batu Merah, Sirimau, Ambon. “Insya Allah akan kami lakukan doa bersama, dan kita undang semua majelis taklim dan elemen masyarakat lainnya,” ujarnya.

Ketua MUI Ambon Muhammad Rahanjamtel mengatakan, aksi solidaritas ini sudah direncanakan sejak menerima surat edaran dari MUI pusat pada 11 oktober 2023. Isi edaran itu dalam salah satu klausa menyebutkan, MUI di seluruh Indonesia harus menyerukan kepada seluruh umat Islam untuk mengadakan penggalangan dana baik di masjid-masjid, sekolah-sekolah maupun di lembaga.

“Atas dasar itu, kami dari MUI kota bersama dengan IKADI berinisiatif untuk ambil sikap simpatik dan empatik kita masyrakat muslim Ambon melakukan aksi ini,” katanya.

Ia juga mendesak Pemerintah Indonesia agar segera menyatakan sikap atas kemerdekaan dan mendorong untuk menghentikan konflik yang terjadi di Palestina. “Juga mendorong pemerintah supaya kemudian menyuarakan kepada lembaga-lembaga nasional seperti Perserikatan Bangsa-bangsa supaya segera memerdekakan Palestina,” pintanya.

Ia menjelaskan, MUI dan IKADI juga membuka donasi melalui rekening, agar masyarakat yang jauh dan mau menyumbang donasinya dapat dikirim di rekening tersebut. Donasi bisa disalurkan melalui rekening atas nama IKADI Provinsi Maluku, BMI 8710048948 dan rekening atas nama Majelis Ulama Indonesia Kota Ambon, BMI 8710039874. Jika donasi sudah terkumpul akan dikirim melalui Organisasi Human Initiative yang memiliki perwakilan di Gaza, Palestina.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement