Kamis 02 Nov 2023 05:13 WIB

Jokowi Lakukan Groundbreaking Revitalisasi SD Sepaku di IKN Nusantara

Revitalisasi ditargetkan 10 bulan selesai.

Jokowi Lakukan Groundbreaking Revitalisasi SD Sepaku di IKN Nusantara
Foto: Dok Republika
Jokowi Lakukan Groundbreaking Revitalisasi SD Sepaku di IKN Nusantara

REPUBLIKA.CO.ID,PENAJAM -- Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) pada hari ini, Rabu (1/11/2023), melaksanakan groundbreaking revitalisasi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 020 Sepaku, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Revitalisasi tersebut merupakan bagian dari rangkaian pembangunan sarana dan prasarana publik, area komersial, dan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara melalui kolaborasi multi pihak antara Pemerintah Pusat, Badan Otorita IKN, Pemerintah Daerah, dan masyarakat setempat.

Acara groundbreaking SDN 020 Sepaku, turut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Erick Thohir, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono, Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Direktur Astra Gita Tiffani Boer, dan Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim.

Baca Juga

Presiden Jokowi mengatakan sejumlah sekolah dasar di kawasan IKN akan direvitalisasi untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan di wilayah tersebut.

Jokowi mengatakan revitalisasi sekitar enam SD itu untuk memberikan akses pendidikan berkualitas, sehingga tidak ada lagi keraguan bagi masyarakat untuk pindah ke IKN.

 

“Tidak hanya di SDN 020 Sepaku, tapi juga kita sedang memperbaiki, merehabilitasi 5 SD yang lain di sekitar IKN, sehingga nanti anak-anak kita semuanya bisa memiliki kualitas pendidikan yang baik, sarana dan prasarana dengan kualitas yang baik,” kata Jokowi saat menghadiri peletakan batu pertama (groundbreaking) revitalisasi SD Negeri 020 Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu.

Jokowi mengaku sering mendengar keraguan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat untuk pindah ke IKN. Keraguan itu timbul karena adanya kekhawatiran mengenai minimnya akses dan kualitas pendidikan di IKN.

“Banyak yang ingin pindah ke Ibu Kota Nusantara, baik ASN kita maupun masyarakat. Tapi, selalu yg ditanyakan, ‘Pak kalau saya pindah, anak saya sekolah di mana, SD-nya di mana, kualitasnya seperti apa’, nah jawabannya saat ini ada, yaitu di SD Negeri 020 Sepaku, karena sebentar lagi akan direhabilitasi,” kata dia.

Masa rehabilitasi SDN 020 Sepaku, kata Jokowi, akan memakan waktu hingga 10 bulan.

“Kalau ada yang bertanya kepada saya lagi, 'di mana anak saya nanti yang kelas 2 pindah, anak saya yang kelas 5 pindah', jawabannya sudah ada, SDN 020 Sepaku dan 5 SD yang lainnya, yang akan kita perbaiki kualitasnya," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan untuk program rehabilitasi SDN 020 Sepaku, nantinya membuat sarana dan prasarana sekolah itu menjadi lengkap, yakni memiliki ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, amphitheatre, kantin, ruang membaca, lapangan multifungsi, area hijau, konservasi embung dan fasilitas pendukung lainnya.

“Saya senang bahwa rehabilitasi SDN 020 Sepaku nantinya akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang baik. Saya ucapkan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim semoga ini jadi bermanfaat bagi masyarakat kita,” ujar Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Sementara, Direktur Astra Gita Tiffani Boer mengatakan, "Kami berharap pasca revitalisasi, SDN 020 Sepaku dapat menjadi sekolah yang unggul, cerdas, dan berkelanjutan, dan dapat menjadi rujukan bagi sekolah-sekolah lainnya, sehingga mengakselerasi ekosistem pendidikan sekolah dasar yang berkualitas di Ibu Kota Nusantara,” ujar Tiffani Boer.

Revitalisasi SDN 020 Sepaku, dirancang untuk memberikan lingkungan pembelajaran kelas yang dilengkapi oleh teknologi terkini yang hemat energi, dan fasilitas yang mendorong perkembangan holistik dan keunggulan akademik. 

Konsep tersebut mencakup ruang terbuka hijau, dan dilengkapi dengan laboratorium ilmu pengetahuan, laboratorium komputer, perpustakaan digital, serta fasilitas olahraga untuk mendukung perkembangan fisik dan intelektual para siswa. Di sisi lain, rancangan atap gedung sekolah mengadopsi dari bentuk Rumah Adat Lamin, yang merupakan rumah khas Kalimantan Timur.

"Pembangunan SDN 020 Sepaku menjadi cermin dari dedikasi kami terhadap peningkatan sektor pendidikan di Indonesia, terutama dalam menjaga keamanan siswa dari banjir yang sebelumnya melanda sekolah binaan kami ini. Kami bangga menjadi bagian dari proyek ini yang bertujuan untuk menciptakan ekosistem belajar yang produktif bagi anak-anak kita dan generasi mendatang," ujar Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim.

Astra melalui YPA-MDR melaksanakan pembinaan terhadap SDN 020 Sepaku yang meliputi pembinaan karakter, akademik, kecakapan hidup dan seni budaya, yang diterapkan melalui pelatihan dan pendampingan yang berkolaborasi dengan berbagai lembaga akademik berkualitas sebagai narasumber. Fokus utama pembinaan adalah untuk meningkatkan kompetensi profesional para guru sebagai pengajar dan pendidik. 

Selain pembinaan untuk SDN 020 Sepaku, YPA-MDR telah melakukan pembinaan serupa di 14 sekolah di IKN Nusantara sejak Juli 2023. Sehingga secara keseluruhan, hingga saat ini YPA-MDR telah memiliki 136 sekolah binaan untuk wilayah Kalimantan Timur. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement