Selasa 31 Oct 2023 17:34 WIB

Kesan Gus Muwafiq Terhadap Ganjar yang Merupakan Cucu Mantu Mbah Hisyam,

Ganjar dikenal dekat dengan para ulama dan pesantren.

Gus Muwafiq saat mengisi acara haul Mbah Hisyam Kalijaran di Ponpes Roudlotussholichin Sholichat Kalijaran Purbalingga.
Foto: Dok. Web
Gus Muwafiq saat mengisi acara haul Mbah Hisyam Kalijaran di Ponpes Roudlotussholichin Sholichat Kalijaran Purbalingga.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Ulama kharismatik asal Jogjakarta, KH Ahmad Muwafiq yakin jika perjuangan Mbah Hisyam Kalijaran dalam memajukan Indonesia tidak akan padam. Api perjuangan itu akan terus berkobar, karena dilanjutkan oleh anak keturunannya. Salah satunya adalah cucu mantu Mbah Hisyam Kalijaran yang juga bakal calon presiden (bacapres) 2024, Ganjar Pranowo.

"Mas Ganjar itu cucu mantu Mbah Hisyam Kalijaran. Pasti Mas Ganjar mengikuti gaya mbah Hisyam dalam berjuang di tengah masyarakat," kata Gus Muwafiq saat mengisi acara haul Mbah Hisyam Kalijaran di Ponpes Roudlotussholichin Sholichat Kalijaran Purbalingga, seperti dinukil pada Selasa (31/20/2023). 

Baca Juga

Sosok Mbah Hisyam lanjut Gus Muwafiq pasti banyak mempengaruhi dalam jejak langkah seorang Ganjar. Makanya tidak heran jika selama menjadi Gubernur Jateng, Ganjar sangat dekat dengan para ulama dan pesantren.

"Ya semua pasti akan mengikuti jejak para pendahulunya. Karena nggak mungkin pendahulu meninggalkan sesuatu tanpa ada jejak. Dan orang orang sekarang seperti Mas Ganjar pasti akan mengikuti," kata dia.

 

Gus Muwafiq juga mengatakan bahwa masyarakat Jawa Tengah khususnya Purbalingga patut bersyukur. Sebab salah satu keluarga besar Mbah Hisyam Kalijaran ada yang mencalonkan diri sebagai presiden 2024.

"Sampeyan bejo (bapak ibu beruntung) ada keluarga besar yang siap jadi presiden. Sebab, tidak sembarang orang bisa jadi presiden. Maka mari kita doakan beliau, semoga Pak Ganjar jadi presiden kita semua. Alfatihah," pungkas Gus Muwafiq.

Ribuan warga Purbalingga dan sekitarnya berkumpul di kompleks Pondok Pesantren Roudlotus Sholichin Sholichat (Ponpes Kalijaran), Senin (30/10/2023). Dengan antusias, mereka mengikuti haul Kyai Hisyam Abdul Karim Kalijaran ke-35.

Sejak siang hari, puluhan masyarakat berdatangan dari penjuru daerah ke Pondok Pesantren milik keluarga Siti Atikoh Supriyanti, istri Capres 2024, Ganjar Pranowo itu. Siti Atikoh adalah cucu dari Mbah Hisyam Kalijaran yang dikenal sebagai ulama kharismatik asal Jawa Tengah.

Acara haul Mbah Hisyam tahun ini begitu meriah. Selain menghadirkan Gus Muwafiq sebagai penceramah, haul juga dihadiri langsung oleh Capres 2024 Ganjar Pranowo. Hal itu yang membuat jamaah haul membludak. Mereka datang dari berbagai daerah seperti Banyumas, Banjarnegara, Brebes, Tegal, Cilacap dan lainnya. Bahkan ada juga yang dari Jakarta, Jawa Timur hingga Sumatera.

Masyarakat rela berpanas-panasan di bawah terik matahari demi mengikuti acara Haul Mbah Hisyam. Bahkan saat sore, hujan turun cukup deras. Namun masyarakat enggan meninggalkan lokasi, warga rela menunggu demi bertemu cucu mantu dari Mbah Hisyam, Ganjar Pranowo.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement