Senin 30 Oct 2023 18:21 WIB

Mengapa Jamuan Makan Siang Jokowi dengan Capres tak Didampingi Cawapres?

Tiga capres diundang makan siang Jokowi.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang makan siang tiga bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan juga Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023).
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang makan siang tiga bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan juga Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Jamuan makan siang antara tiga bakal calon presiden dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (30/10/2023) hari ini diketahui tanpa kehadiran bakal calon wakil presiden. Bacapres Ganjar Pranowo menyebut pertemuan ketiga bacawapres yakni Mahfud MD, Muhaimin Iskandar dan Gibran Rakabuming Raka akan dilakukan terpisah.

"Kalau nggak salah besok akan ada undangan cawapres akan bertemu dengan wapres," ujar Ganjar kepada wartawan.

Baca Juga

Namun demikian, Ganjar tidak berbicara lebih lanjut waktu pasti pertemuan tersebut.

Bacapres Prabowo Subianto justru berkelakar soal tidak diundangnya bacawapres dalam jamuan makan dengan Jokowi. Menurutnya, tidak ada alasan khusus kenapa Jokowi hanya mengundang tiga bacapres dalam pertemuan tersebut.

"Mejanya kecil kurang gede," kata Prabowo.

Sementara Anies Baswedan menyebut tidak hadirnya bacawapresnya Anies Baswedan karena Ketua Umum PKB tersebut sedang tidak berada di Jakarta.

"Gus Muhaimin sedang berada di Malang, di luar Jakarta," ujarnya.

Jamuan makan siang yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini berlangsung hangat dimulai sekitar pukul 12.00 WIB dan selesai sekitar 13.30 WIB.

Jokowi mengenakan baju batik bercorak biru menjamu tiga bacapres yang juga kompak berbusana batik. Anies Baswedan yang mengenakan batik coklat hitam duduk berhadapan dengan Jokowi, sedangkan Ganjar Pranowo yang mengenakan batik bercorak merah duduk berhadapan dengan Prabowo Subianto yang menggunakan batik coklat.

Berbagai menu makanan Nusantara yang dihidangkan diantaranya Nasi Putih, Soto Lamongan, Ayam Kodok, Sapi Lada Hitam, Bebek Panggang, Cumi Goreng, Udang Goreng Telur Asin, Kaylan Cah Sapi, Es Laksamana Mengamuk (es mangga kuini yang dicampur dengan santan dan gula) dan Jus Jeruk.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement