Rabu 25 Oct 2023 17:13 WIB

Lestarikan Kekayaan Budaya, Pulau Seribu Gelar Hajatan Tradisi Budaya 

Sedikitnya ada sembilan agenda acara yang bakal tersaji dalam hajatan tersebut.

Persiapan Hajatan Tradisi Budaya Kepulauan Seribu 2023 yang akan digelar di Lapangan Alun-Alun Pulau Tidung, Sabtu (28/10/2023) dan Ahad (29/10/2023) mendatang.
Foto: dokpri
Persiapan Hajatan Tradisi Budaya Kepulauan Seribu 2023 yang akan digelar di Lapangan Alun-Alun Pulau Tidung, Sabtu (28/10/2023) dan Ahad (29/10/2023) mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Untuk mempromosikan dan melestarikan kekayaan budaya Kepulauan Seribu, Suku Dinas Kebudayaan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu segera menyelenggarakan Hajatan Tradisi Budaya Kepulauan Seribu 2023.

Acara dengan tema 'Merayakan Keajaiban Budaya Pulau-Pulau yang Menawan' itu bakal digelar di Lapangan Alun-Alun Pulau Tidung, Sabtu (28/10/2023) dan Ahad (29/10/2023) mendatang. 

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Triyadi Purnomo mengatakan, sedikitnya ada sembilan agenda acara yang bakal tersaji dalam hajatan tersebut. 

"Pertama itu ada drama kolosal Tanah Tidung dari masa ke masa. Jadi nanti menyajikan sebuah pertunjukan spektakuler yang akan membawa Anda dalam perjalanan melalui sejarah pulau Tanah Tidung. Cerita epik ini menggambarkan perkembangan dan warisan budaya pulau ini," ujar Triyadi, Rabu (25/10/2023).

 

Lalu, ia mengatakan ada juga penampilan grup tari dan grup musik tradisi yang akan diperlihatkan oleh seniman lokal yang menggambarkan kekayaan budaya Kepulauan Seribu. "Mereka akan membawa Anda ke dalam nuansa tradisional yang memukau," tuturnya.

Ketiga, kata Triyadi, alam acara tersebut nantinya akan ada pawai. Ia menjelaskan, pawai tersebut nantinya akan menampilkan hal-hal tradisional, pencak silat serta musik marawis.

"Keempat ada tari massal yang dipertunjukkan oleh peserta didik SMP dan SMA dengan menggambarkan persatuan masyarakat Kepulauan Seribu," ungkapnya.

Lebih lanjut, Triyadi menuturkan nantinya juga ada cek kesehatan gratis, bazar UMKM, pameran budaya, lomba masak hidangan khas Kepulauan Seribu serta lomba menghias kapal.

"Acara ini adalah ajang yang sempurna untuk menjelajahi dan merasakan pesona alam dan budaya Kepulauan Seribu sambil menikmati makanan lezat, seni yang mempesona, dan kehangatan masyarakat setempat," katanya.

Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk tidak melewatkan beragam acara menarik yang akan disajikan dalam Hajatan Tradisi Budaya Kepulauan Seribu 2023 tersebut.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement