Senin 23 Oct 2023 13:43 WIB

Sindir Prabowo-Gibran, Hasto: Ganjar-Mahfud Cerminkan Semangat Anti-KKN Reborn

hasto menyebut semua wajib bergerak ketika kekuasaan dibelokkan menjadi ambisi.

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus raharjo
Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto pada sela gladi kotor Rakernas IV PDIP, di Jakarta International Expo, Jakarta, Kamis (28/9/2023).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto pada sela gladi kotor Rakernas IV PDIP, di Jakarta International Expo, Jakarta, Kamis (28/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengaku tertantang setelah mendapat kabar Prabowo Subianto secara resmi berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Hasto menyindir Prabowo-Gibran dengan menyatakan pasangan Ganjar-Mahfud mencerminkan semangat anti korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

 

Baca Juga

"Ganjar-Mahfud cerminkan semangat anti KKN reborn, daya gerak makin dahsyat," kata Hasto dalam keterangan tertulis, Senin (23/10/2023).

 

Hasto mengatakan, pascapenetapan Prabowo-Gibran pada Ahad (22/10/2023) malam, PDIP semakin bergerak dengan mantap, cepat, dan semakin bersemangat. Dia menekankan PDIP merupakan partai banteng yang semakin ditekan justru semakin membara.

 

Hasto mengeklaim pasangan rivalnya itu berbeda dengan karakter pasangan Ganjar-Mahfud yang diusung PDIP dan partai koalisi. Meski tak gamblang mengomentari pasangan rivalnya, Hasto menilai pasangan Ganjar-Mahfud adalah capres-cawapres yang berintegritas dan anti KKN.

 

"Positioning Prof Mahfud MD sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik menjadi semangat anti KKN yang lahir kembali dengan daya semangat yang lebih besar," ujar dia.

 

Hasto melanjutkan, PDIP bersama dengan PPP, Perindo, dan Partai Hanura serta relawan semakin meyakini jalan politiknya yang diklaim dibimbing nilai moral dan etika politik.

 

"Namun pada saat bersamaan kami meyakini bahwa Ganjar Pranowo-Mahfud MD semakin mantap berkontestasi, bertarung dalam gagasan bagi daya unggul bangsa di masa depan, dan memiliki nyali karena berdiri kokoh dalam tuntunan mata hati rakyat," tutur dia.

 

Hasto menambahkan, seluruh simpatisan, anggota, dan kader partai akan tetap bijak dan berjuang dalam memperjuangkan Ganjar-Mahfud menjadi RI 1 dan RI 2. Dia menegaskan politik sejatinya digerakkan oleh dedikasi bagi bangsa dan negara, berjuang untuk rakyat, bukan bagi kepentingan keluarga.

 

"Ketika mandat rakyat bahwa kekuasaan itu untuk kepentingan seluruh bangsa dan negara, lalu dibelokkan menjadi ambisi, maka semua wajib bergerak dengan penuh keyakinan karena Ganjar-Mahfud MD berpihak pada kebenaran," tegas dia.

 

Sebelumnya diketahui, teki-teki siapa bakal cawapres Prabowo Subianto akhirnya terjawab. Pada Ahad (22/10/2023) malam, Prabowo mengumukan langsung cawapres yang akan menjadi pasangannya di Pilpres 2024

 

"Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari delapan partai politik yaitu Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, PBB, Partai Garda Republik dan Partai Prima yang dihadiri lengkap oleh ketum masing masing dan sekjen masing masing. Kita telah berembuk secara final dan secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres KIM untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju," ujar Prabowo, Ahad malam.

 

Nama cawapres diumumkan setelah Prabowo menggelar rapat bersama ketua umum parpol Koalisi Indonesia Maju di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta. Menurut Prabowo, dia dan Gibran akan mendaftar ke KPU pada Rabu (25/10/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement