Jumat 20 Oct 2023 04:17 WIB

Satgas Preventif Operasi Mantap Brata di Sukabumi Gencarkan Patroli Dialogis

Patroli dialogis pererat hubungan polisi dengan masyarakat.

Ilustrasi patroli polisi.
Foto: Dok. Polres Ciamis.
Ilustrasi patroli polisi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Upaya menjaga kondusifitas menjelang pemilu 2024 terus dilakukan di Kota Sukabumi. Misalnya dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Preventif OMB (Operasi Mantap Brata-red) Lodaya Polres Sukabumi Kota yang melakukan patroli ke beberapa obyek vital.

Salah satunya Kantor Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi, Jalan Otista Citamiang Kota Sukabumi, Kamis (19/10/2023). '' Upaya preventif ini dirangkai dengan patroli dialogis dilakukan untuk menciptakan harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat),'' ujar Kasatgas Humas Operasi Matap Brata Lodaya Polres Sukabumi Kota, Iptu Astuti Setyaningsih.

Baca Juga

Khususnya di tengah tahapan pencalonan presiden dan wakil presiden dan pemilu 2024. Kegiatan yang dilakukan Satgas Preventif tersebut merupakan salah satu upaya komunkasi publik dalam rangka menyerap informasi kamtibmas.

'' Setelah diberlakukannya Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024, petugas langsung menyesuaikan untuk melaksanakan tugas sesuai dengan tugas dan fungsi satgas masing-masing,'' kata Astuti. Seperti yang dilakukan Satgas preventif pada Kamis siang yang melakukan patroli ke KPU Kota Sukabumi.

Selain memantau situasi kamtibmas lanjut Astuti, patroli dialogis tersebut dimanfaatkan untuk menyerap informasi mengenai kamtibmas. Hal ini dalam upaya menjaga kondusifitas selama tahapan pencalonan presiden dan wakil presiden pada pemilu 2024.

Alhamdulilah kata Astuti, informasi sementara situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota masih kondusif, masyarakat pun masih beraktifitas dengan baik. Suasana ini diharapkan dapat terus terjaga dengan baik.

Sebelumnya, apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024 dalam rangka pengamanan pemilu tahun 2024 digelar di Lapangan Kodim 0607 Kota Sukabumi, Selasa (17/10/2023). '' Alhamdulillah TNI, Polri dan pemda dan unsur terkait melaksanakan apel gelar pasukan serentak,'' ujar Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo kepada wartawan.

Polres Sukabumi Kota dalam operasi Mantap Brata ini kata dia menyiapkan sebanyak 450 personel dalam pelaksanaan pengamanan berbagai tahapan. Baik tahapan kampanye, pemungutan suara, penghitungam suara, pasca penghitungan suara dan pelantikan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement