Kamis 19 Oct 2023 17:31 WIB

Diikuti Ribuan Peserta, Kompetisi Video Amatir dari 'Sekoteng' Visualkan Kemajuan Jateng

Sekoteng adalah Seniman Konten Kreator Se-Jawa Tengah.

Kompetisi video amatir yang digelar komunitas Seniman Konten Kreator Se-Jawa Tengah (Sekoteng) di Bukit Scooter yang berada di kawasan Desa Wisata Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.
Foto: Dok. Web
Kompetisi video amatir yang digelar komunitas Seniman Konten Kreator Se-Jawa Tengah (Sekoteng) di Bukit Scooter yang berada di kawasan Desa Wisata Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA -- Kompetisi video amatir yang digelar komunitas Seniman Konten Kreator Se-Jawa Tengah (Sekoteng) sukses diikuti oleh ribuan peserta. Pengumuman pemenang lomba pun dilakukan pada Rabu (18/10/2023) di Bukit Scooter yang berada di kawasan Desa Wisata Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Sepuluh vidio terbaik yang dikirimkan para peserta terpilih dan berhasil memenangkan hadiah total ratusan juta rupiah. Dengan semarak tema 'Wajah Jawa Tengah', vidio-vidio dari para peserta menggambarkan Jawa Tengah dari berbagai sisi yang menarik.

Baca Juga

Salah satu konten kreator Jawa Tengah yang juga pemrakarsa komunitas Sekoteng, Ucup Klaten mengatakan, kompetisi vidio amatir ini sukses memvisualkan perkembangan dan kemajuan Jawa Tengah dalam berbagai aspek, salah satunya sektor wisata.

"Kemajuan Jawa Tengah luar biasa. Setelah melihat hasil vidio dari peserta itu banyak tempat yang belum saya tahu. Fungsi-fungsi yang belum saya tahu," ujar Ucup. 

"Misalnya ada video waduk. Tahunya cuma buat wisata, enggak tahunya waduk itu juga untuk mengairi sawah-sawah yang ada di bawahnya. Jadi saat musim kemarau, mereka tetap bisa bercocok tanam," ujar dia mencontohkan.

Ucup menyebut, Sekoteng bisa menjadi wadah bagi karya para peserta. Tiap vidio dari para peserta, disebut Ucup akan diunggah dalam platform sosial media milik Sekoteng. 

Lebih lanjut, Ucup mengatakan bahwa kompetisi ini juga berguna sebagai media promosi tempat wisata yang ada di Jawa Tengah. Sebab, menurutnya banyak peserta yang mengirimkan video kemajuan sektor wisata di daerahnya. 

"Goalsnya kami berharap semoga ke depan anak muda yang ada di Indonesia, punya kesadaran bahwa kita semua ini punya kesempatan untuk untuk menjadi konten kreator. Tentunya konten positif yang berdampak pada masyarakat sekitar," harap Ucup. 

Sementara itu, salah satu peserta yang ikut serta dalam kompetisi ini, Monica Laksmi Nariswari mengaku sangat senang dan bersemangat usai video kirimannya berhasil menjadi salah satu yang menang. 

Bahkan, Monica yang saat ini bukan seorang konten kreator, mengatakan jadi terinspirasi untuk menjadi seorang konten kreator profesional. 

"Harapannya bisa menjadi wadah juga untuk para konten kreator, walaupun sejujurnya aku bukan konten kreator. Semoga tahun depan bisa ada lagi, supaya teman-teman yang lain bisa ikutan," harapnya. 

Untuk diketahui, dalam kompetisi tersebut, Sekoteng juga berkolaborasi dengan sejumlah influencer Jakarta untuk menjadi juri dalam menentukan pemenang kompetisi. 

Di antaranya termasuk Thariq Halilintar, Harris Vriza, Fateh Halilintar, Sarah Tumiwa, Fachrul Hadid, komika Afif Xafi, dan masih banyak lagi. Sementara dari Jateng hadir Ucup Klaten, Dimas Zaenal, Bakar Production, Toni Belok Kiri, hingga Novi Petani Happy.

Thariq yang menjadi salah satu juri, menyebut bahwa potensi industri kreatif di Jawa Tengah sangat tinggi usai melihat vidio-vidio kiriman para peserta. Dia berharap, Sekoteng bisa menjadi pelopor bagi provinsi lain untuk melakukan kegiatan serupa. 

"Potensi industri kreatif di Jawa Tengah luar biasa ya kalau melihat vidionya. Sampai beberapa influencer bilang kalau ini bukan video amatir namanya. Jadi banyak konten kreatif dari Jawa Tengah menurut aku bisa jauh lebih keren dari konten kreator di Jakarta," kata dia. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement