Rabu 18 Oct 2023 23:44 WIB

Komunitas Sobat Sehat Gelar Pogram Kemanusiaan Edukasi Pencegahan Stunting

Hal ini mencerminkan semangat kolaborasi dan solidaritas.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Komunitas Sobat Sehat menggelar program kemanusiaan di Kelurahan Pejaten Timur, Jakarta Selatan.
Foto: Dok. Web
Komunitas Sobat Sehat menggelar program kemanusiaan di Kelurahan Pejaten Timur, Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas Sobat Sehat menggelar program kemanusiaan di Kelurahan Pejaten Timur, Jakarta Selatan. Acara bertajuk "Gotong Royong Cegah Stunting" ini memiliki fokus utama pada pencegahan stunting dan mengambil langkah konkret dengan membagikan 1 Ton ikan laut kepada keluarga yang membutuhkan. 

Pendiri Komunitas Sobat Sehat, Sri Gusni Febriasari menyampaikan kegiatan dimulai dengan penyajian materi edukasi tentang stunting yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang masalah ini. 

Baca Juga

"Materi ini mencakup urgensi permasalahan stunting bagi keluarga, cara efektif dalam mencegahnya, dan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam menangani stunting," ujarnya, seperti dilansir pada Rabu (18/10/2023). 

Namun, yang membuat kegiatan ini menjadi berbeda, kata Sri adalah pembagian 1 Ton ikan laut kepada masyarakat yang membutuhkan. Menurutnya ini adalah langkah konkret yang diambil untuk memberikan protein hewani kepada keluarga yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi.

Disamping itu Sobat Sehat juga memberikan solusi nyata untuk permasalahan ini. Selanjutnya, pembagian ikan dilakukan di tiga lokasi yang berbeda, dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Hal ini mencerminkan semangat kolaborasi dan solidaritas dalam mengatasi stunting dan masalah kesehatan masyarakat lainnya.

"Dengan menggabungkan edukasi yang tepat, upaya konkret dalam penyediaan nutrisi, dan kolaborasi lintas sektor, kegiatan ini membawa pesan kuat tentang betapa pentingnya perhatian terhadap isu stunting dan bagaimana kita semua dapat bekerja bersama-sama untuk mengatasi masalah kesehatan ini," kata Sri.

Sri menegaskan kegiatan ini adalah contoh nyata bahwa sebuah komunitas dapat bergerak bersama dalam upaya mewujudkan perubahan positif. Kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya stunting. Stuntung, katanya, merupakan masalah kesehatan yang menjadi perhatian besar di Indonesia. 

Selain itu, platform Sobat Sehat juga berupaya memobilisasi berbagai pihak, termasuk organisasi, komunitas, instansi pemerintahan, dan sektor swasta, untuk bersama-sama berkolaborasi dalam mengatasi masalah stunting yang signifikan di Indonesia.

Acara ini melibatkan berbagai pihak yang peduli terhadap isu stunting, termasuk pendiri Komunitas Sobat Sehat, Sri Gusni Febriasari, Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara) yang diwakili oleh Sekjen Ikastara, Surya Lung, Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), Yayasan Tunas Bakti Nusantara (YTBN), serta Kapolsek Mampang Prapatan, Kompol. David Yunior Kanitero, dan Paramita Dental Jakarta, yang diwakili oleh drg. Paramitasari Dirgahayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement