Rabu 18 Oct 2023 11:45 WIB

Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud Janji Wujudkan Indonesia Emas 2045

Mahfud MD ditunjuk sebagai cawapres Ganjar Pranowo.

Rep: Eva Rianti/ Red: Teguh Firmansyah
Suasana pengumuman calon Wakil Presiden Pendamping Ganjar Pranowo di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Suasana pengumuman calon Wakil Presiden Pendamping Ganjar Pranowo di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahfud MD telah menyatakan secara resmi sebagai pendamping Ganjar Pranowo untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 2024. Dalam pidato perdana sebagai bacawapres, Mahfud mengungkapkan bersama Ganjar Pranowo bisa mewujudkan cita-cita menyongsong Indonesia Emas 2045. 

"Bung Karno dan Bung Hatta telah mengantarkan bangsa Indonesia ke pintu gerbang emas kemerdekaan RI. Mas Ganjar dan saya bersama-sama seluruh rakyat Indonesia akan melanjutkan upaya mewujudkan cita-cita menuju Indonesia Emas tahun 2045," kata Mahfud usai dideklarasikan sebagai cawapres Ganjar Pranowo di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023). 

Baca Juga

Menkopolhukam tersebut mengatakan, cita-cita Indonesia menjadi bangsa yang maju, adil, dan beradab dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045 akan terwujud jika memenuhi sejumlah syarat. Yakni ideologi bangsanya kokoh, ekonominya baik, hukum dan keadilannya ditegakkan, politiknya demokratis, budaya gotong royong hidup, serta mengedepankan persaudaraan.

Dalam kesempatan itu, Mahfud menekankan aspek penegakan hukum di Indonesia. Bidang yang bisa dibilang paling dikuasai olehnya.  "Jika penegakan hukum dilakukan dengan benar, maka setengah masalah dari bangsa ini InsyaAllah tuntas. Kalau hukumnya bagus maka segala aspek kehidupan masyarakat akan bagus juga, misalnya di bidang sosial, politik, budaya, pertahanan keamanan, dan ekonominya," ujar dia.

Dengan aspek hukum yang ditegakkan dengan benar, Mahfud mengatakan, hal yang terpenting dilakukan adalah pemberantasan korupsi serta dampaknya terhadap investasi. 

"Prioritas pemberantasan korupsi, kepastian hukum, dan konsistensi dalam implementasi penegakkannya memberi jaminan bagi investasi dan pembangunan ekonomi serta memberi perlindungan kepada masyarakat," kata dia. 

Diketahui, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan, Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden yang mendampingi Ganjar Pranowo pada Rabu (18/10/2023) pagi. Megawati mengatakan dirinya telah menerima masukan dari semua pimpinan partai koalisi. 

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmaanirrahiim, maka cawapres yg dipilih PDIP yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Prof Dr. Mahfud MD," kata Megawati di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023). 

Megawati mengaku telah berkontemplasi mengenai sosok yang tepat mendampingi Ganjar Pranowo. Dia juga mengaku telah mantap dalam mengambil keputusan memilih Mahfud MD. "Hari ini Rabu, 18 Oktober 2023, saya dengan mantap telah mengambil keputusan," tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement