Ahad 15 Oct 2023 18:09 WIB

Alasan Pilih Jadi Cawapres, Budi Arie: Erick Thohir Muda dan Energik

Ketum Projo Budi Arie memilih Erick Thohir jadi cawapres karena muda dan energik.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri BUMN Erick Thohir. Ketum Projo Budi Arie memilih Erick Thohir jadi cawapres karena muda dan energik.
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Menteri BUMN Erick Thohir. Ketum Projo Budi Arie memilih Erick Thohir jadi cawapres karena muda dan energik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pro Jokowi (Projo), Budi Arie Setiadi, memberikan komentar tentang nama-nama yang masuk bursa cawapres Prabowo Subianto. Salah satunya Erick Thohir yang dinilai sosok muda dan sosok energik.

"Pak Erick muda, energik," kata Budi kepada Republika saat ditemui usai Rakernas VI Projo di Grand Sahid Hotel, Ahad (15/10).

Baca Juga

Namun, Menteri Kominfo itu menuturkan, Projo bukanlah partai politik yang bisa mengusung satu nama untuk cawapres. Sebab, konstitusi sudah menegaskan capres-cawapres itu cuma bisa diusung oleh partai politik.

Bagi Budi, semua nama-nama yang masuk bursa cawapres masuk pula radar Projo untuk mendampingi Prabowo Subianto. Nantinya, nama-nama itu akan dibahas lebih mendalam melalui Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Jokowi.

Soal pemilih muda, ia membenarkan, memang Pemilu 2024 merupakan sarana bagi anak-anak muda untuk bersuara. Karenanya, Projo akan mendengarkan pula suara-suara dari kelompok muda untuk kontestasi 2024 mendatang.

"Karena, saat ini, Pemilu 2024 ini pemilu anak muda," ujar Budi.

Budi mengaku turut bergembira lantaran banyak sosok-sosok yang masih relatif muda masuk bursa cawapres untuk Pilpres 2024. Salah satunya Erick Thohir yang merupakan Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI.

Meski begitu, ia menekankan, untuk cawapres Prabowo, Projo menyerahkan keputusan kepada partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Projo mempersilakan KIM untuk memutuskan siapa yang dipilih jadi cawapres.

Menurut Budi, semua nama-nama yang masuk ke bursa cawapres Prabowo merupakan sosok yang dekat pula dengan Projo. Ia berharap, siapapun yang dipilih mendampingi Prabowo bisa membantu memenangkan Pilpres 2024.

"Pokoknya kita tergantung kepada KIM untuk memutuskan, kalau cawapres iyalah itu ranah KIM, ranah partai politik, tapi kita sreg semua, siapapun yang menjadi pasangan Pak Prabowo kita sreg," kata Budi.

Sebelumnya, Projo menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) VI yang dihadiri langsung Ketua Dewan Pembina Projo, Presiden Joko Widodo. Dalam rakernas itu, Projo mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo Subianto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement