Kamis 12 Oct 2023 21:48 WIB

Jokowi: Semoga Pak Luhut Cepat Sembuh

Jokowi telah menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai menteri ad interim.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo
Foto: Dok Istimewa
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendoakan kondisi kesehatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan agar segera sembuh. Luhut diketahui tengah sakit dan dalam masa pemulihan kesehatan.

"Kita berdoa agar Pak Luhut segera diberikan cepat sembuh. Diberikan kesembuhan," kata Jokowi di Stadion GBK, Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Baca Juga

Jokowi mengatakan, telah menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai menteri ad interim sementara untuk menggantikan Luhut melaksanakan seluruh tugas-tugasnya. 

"Ya kan ad interim sekarang sudah Menko Marinves sudah dipegang Pak Erick. Jadi harian sudah gak ada masalah," ujar dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan. Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana mengatakan, penunjukan Erick Thohir menjadi menteri ad interim ini karena Luhut saat ini tengah menjalani perawatan kesehatan.

“Karena saat ini Pak LBP, Menko Marves sedang menjalani perawatan kesehatan, maka Presiden Jokowi telah menunjuk Bp. Erick Thohir, Menteri BUMN sebagai Menko Marves Ad-interim,” kata Ari kepada wartawan, Rabu (11/10/2023).

Lewat status di Instagram pada Selasa (10/10/2023), Luhut Binsar angkat bicara seputar kondisinya yang dikabarkan sakit. Luhut tak menampik soal kabar itu. Ia mengaku mengalami kelelahan luar biasa. 

“Beberapa hari yang lalu setelah menghadiri suatu kegiatan, tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja,” ujar Luhut. 

Melihat kondisi yang tidak wajar tersebut, sang istri kemudian berinisiatif membawa ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut. Dengan kondisi yang seperti itu, praktis selama beberapa hari ia tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa. 

Bahkan untuk sekadar mengecek kabar dan berita terkini yang rutin ia lakukan setiap pagi, tak diperbolehkan oleh istri. “Istirahat dan dengarkan tubuhmu dahulu, Pa,” ucap sang istri saat itu.

Sebagai orang yang terbiasa bekerja dan aktif berkegiatan, berada di Rumah Sakit selama beberapa hari memang membuat  Luhut cukup bosan. “Tapi saya yakin sikap istri dan keputusan tim dokter adalah yang terbaik untuk saya saat ini,” ujarnya.

Ia memahami bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai pejabat mutlak diketahui oleh publik. Untuk itu ia merasa perlu untuk berbagi kabar mengenai kondisinya.  “Setelah mendapat tawaran dari sahabat saya, Senior Minister Teo Chee Hean dan Menlu Singapura Dr Vivian Balakhrisnan, sore ini saya memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura,” ujarnya.

Di sana ia sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif terkait kesehatannya. Beruntungnya, dan sekali lagi inilah misteri hidup yang tak pernah ia bayangkan. Begitu banyak cinta yang datang kepadanya dalam bentuk perhatian dan doa bahkan di saat saya sakit. 

Karena itu, ia ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya terkhusus kepada Presiden @jokowi yang sudah memberikan tim dokter kepresidenan beserta perawat untuk merawat saya hingga sampai pada kondisi yang telah membaik saat ini.

Pada saat-saat seperti ini, kata ia, dukungan dan doa yang diberikan oleh keluarga, teman-teman, serta seluruh masyarakat Indonesia adalah kekuatan yang mendorongnya untuk tetap semangat agar pulih kembali.

“Thank you for all the love and support that you have given to me. Karena sebagai makhluk lemah, saya hanya mampu berusaha dan berdoa, biarlah Tuhan YME yang membalas niat, doa, dan perbuatan baik anda semua,” kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement