Kamis 12 Oct 2023 14:44 WIB

Projo Akui Erick Thohir Masuk Dalam Diskusi Cawapres Potensial

Rakernas Projo direncanakan dihadiri Jokowi, Prabowo, Gibran, dan Kaesang.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus raharjo
Ketua Badan Pemenangan Pilpres Pro Jokowi (Projo), Panel Barus
Foto: Sadly Rachman/Republika TV
Ketua Badan Pemenangan Pilpres Pro Jokowi (Projo), Panel Barus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Bapilpres Projo, Panel Barus mengatakan, Rakernas VI Projo akan mendeklarasikan capres yang akan didukung pada Pilpres 2024. Untuk cawapres, ia mengatakan, Erick Thohir memang masuk dalam diskusi.

"Memang nama Pak Erick itu ada dalam diskusi kami," kata Panel, Kamis (12/10/2023).

Baca Juga

Namun, ia menuturkan, saat ini ada putusan MK terkait batas usia yang sangat ditunggu Projo. Menurut Panel, bukan hanya Projo yang menanti, tapi seluruh rakyat Indonesia yang mungkin memiliki harapan yang sama.

Panel memberikan apresiasi atas judicial review (JR) di MK itu. Sebab, Projo berpandangan kalau upaya-upaya yang dilakukan setiap warga negara melakukan judicial review ke MK itu merupakan satu ikhtiar untuk memperbaiki konstitusi.

"Apapun hasilnya, Projo akan tunduk dan patuh menjalankan hukum," ujar Panel.

Meski begitu, ia mengaku menyadari, untuk elektabilitas Erick Thohir memang menjadi cawapres yang sangat kuat beberapa waktu terakhir. Ada pula nama-nama lain seperti Airlangga Hartarto dan Gibran Rakabuming.

"Nama Pak Erick ada dalam diskusi cawapres potensial, Pak Airlangga juga, Mas Gibran apalagi," kata Panel.

Terkait Rakernas VI Projo, ia menuturkan, ini sebagai sebuah tahap akhir yang tidak putus dari rentetan kegiatan yang telah dilaksanakan Projo sejak tahun tahun belakangan. Tepatnya, Rakernas V Projo di Borobudur.

Saat itu, Rakernas menghasilkan agenda Musyawarah Rakyat dalam rangka menghimpun, mendengar dan menjaring aspirasi masyarakat. Hal ini tidak lepas dari pidato arahan dari Ketua Dewan Pembina, Presiden Joko Widodo.

Yang mana, lanjut Panel, meminta Projo turun ke bawah bicara lagi dan akhirnya memilih mekanisme Musra. Melalui Musra, ia menambahkan, Projo memperluas keterlibatannya dengan organisasi-organisasi relawan lain.

"Pelaksanaan Musra ini ikhtiar kami, kita semua, dalam menjalankan proses demokrasi di mana ruang bagi rakyat untuk bersuara," ujar Panel.

Sebagai akhir, Projo akan menggelar Rakernas VI di Indonesia Arena pada 14-15 Oktober 2023. Rencananya, Rakernas VI Projo akan dihadiri langsung Presiden Jokowi, Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming, hingga Kaesang Pangarep.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement