Rabu 11 Oct 2023 23:55 WIB

Ini Upaya Relawan Santri Ganjar Tingkatkan Mutu Pendidikan Ponpes di Kampar

Bantuan pembangunan hingga pelatihan untuk para santri diberikan.

REPUBLIKA.CO.ID, KAMPAR -- Misi memberikan manfaat nyata untuk para santri di Riau, kembali diimplementasikan oleh kelompok relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Provinsi Riau. SDG ikut serta membantu pembangunan ruang kelas di Pondok Pesantren Ukhuwwah Islamiyyah di Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Kegiatan ini dilakukan SDG agar para santri bisa lebih berkonsentrasi dalam belajar di ruang kelas baru. Hal ini diharapkan relawan, bisa meningkatkan mutu pendidikan ponpes dan mencetak lulusan santri yang unggul dan berkompeten. 

Baca Juga

"Kami juga mengharapkan semoga mutu dari siswa ke depannya lebih baik," kata Koordinator Wilayah SDG Riau, Syarif Hidayatullah, seperti dinukil pada Rabu (11/10/2023). 

Diketahui dalam aksi tersebut, relawan SDG Riau turut memberikan sejumlah bantuan material bangunan untuk mendukung pembangunan tersebut. 

 

"Kami dari SDG melakukan bantuan dan gotong royong di Ponpes Ukhuwwah Islamiyyah untuk pembangunan kelas dan renovasi di beberapa kelas," kata Syarif. 

Para relawan nampak sangat bersemangat saat bahu membahu mengecor ruangan kelas. Tidak menghiraukan pakaian putih yang menjadi kotor, mereka tetap ceria saat bekerja sama dengan santri untuk menyelesaikan pembangunan kelas.

Kegiatan dari para relawan yang beranggotakan santri dari berbagai wilayah di Riau ini pun, disebut Syarif akan berlanjut. Bantuan pembangunan hingga pelatihan untuk para santri dari relawan ini akan terus menyasar pondok-pondok pesantren di Riau. 

"Kegiatan ini terinspirasi dari Bapak Ganjar Pranowo yang dia peduli terhadap pendidikan, peduli pada pondok pesantren. Banyak pondok yang juga telah dikunjungi Bapak Ganjar Pranowo," sebut Syarif. 

Sementara itu, salah satu pengurus Ponpes Ukhuwwah Islamiyyah, Rinsey Antoni mengaku sangat terbantu dengan hadirnya bantuan dari relawan SDG. Lewat aksi relawan, proses pembangunan ruang kelas santri menjadi lebih cepat. 

"Kami sangat senang mendapatkan bantuan kaya gini. Supaya proses pembangun kelas kami bisa lancar. Jadi kami bersyukur kali," ujar Rinsey. 

Rinsey menerangkan, ponpesnya yang menjadi tempat ratusan santri untuk menimba ilmu, terus mengalami peningkatan jumlah santri. Sehingga ruangan yang ada, kurang cukup untuk menampung seluruh santri. 

"Semakin hari, semakin anak didik itu banyak. Jadi kelas masih kurang. Jadi tambah (ruang kelas). Kalau ada bantuan seperti ini kami bersyukur, cepat nanti kelas kami jadi. Anak-anak pun bisa belajar dengan nyaman." katanya. 

Belum lama ini, SDG juga membantu pembangunan Pondok Pesantren di Kota Padang. Koordinator Wilayah SDG Fikri di Padang, Rabu mengatakan pihaknya  menjalin silaturahmi ke Ponpes Tahfiz Al-Quran Ar-Rahman yang ada di Jalan Tabek Batu, Kelurahan Air Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumbar.

"Kehadiran kami untuk memberi bantuan berupa semen untuk menunjang pembangunan pondok pesantren di daerah setempat," ujar dia, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement