Selasa 10 Oct 2023 16:40 WIB

Upaya Melestarikan Ngobeng Lauk di Pangandaran Terus Dilakukan Relawan Ganjar Sejati

Ngobeng Lauk merupakan kegiatan menangkap ikan tanpa alat.

Tradisi ngobeng lauk (ilustrasi).
Foto: Dok. Web
Tradisi ngobeng lauk (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Berbagai upaya dilakukan kelompok relawan Ganjar Sejati untuk mempertahankan kearifan lokal sebuah wilayah. Salah satu yang dilakukan dengan melakukan kegiatan Ngobeng Lauk bersama sejumlah masyarakat di Desa Sukamaju, Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. 

Adapun seperti dinukil dari Antara, adapun Ngobeng Lauk merupakan kegiatan menangkap ikan tanpa alat atau menggunakan tangan yang biasa digelar warga pada saat momen tertentu dan hari besar negara/keagamaan. 

Baca Juga

Tokoh Masyarakat Iwan M. Ridwan mengatakan respons atas diselenggarakannya kegiatan tersebut sangat baik.  Dirinya menilai bahwa kegiatan Ganjar Sejati sangat positif dan efektif dalam membangun ikatan bersama masyarakat, apalagi Ngobeng Lauk sudah menjadi tradisi yang selalu dipertahankan kegiatannya oleh masyarakat setempat.

"Ini dalam rangka mempererat silaturahmi dan cukup efektif, ditunjukkan dengan antusiasnya masyarakat untuk hadir, kebetulan juga kan ini masa-masa transisi menunggu musim penghujan, sehingga dalam posisi banyak menganggur," kata Iwan, seperti dinukil pada Selasa (10/10/2023). 

 

Sementara, kondisi masyarakat di wilayah Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran mayoritas berprofesi sebagai buruh tani. Berbagai masalah pun kerap timbul, terutama persoalan kelangkaan pupuk subsidi yang tengah menjadi persoalan bagi para petani.

"Masalah yang kerap dihadapi yang saya dengan adalah persoalan musim tanam padi, dimana pupuk terjadi kelangkaan, walaupun saat ini sudah ada kartu tani tetapi pemberian pupuk subsidi kepada tidak sesuai dengan luas lahan karena adanya pembatasan," kata Iwan.

"Apabila Pak Ganjar jadi Presiden, beliau sosok yang berhasil meningkatkan taraf petani di Jawa Tengah, semoga kesulitan petani di daerah terutama mengenai persoalan pupuk bisa diatasi dan petani sejahtera, apalagi ini yang ditargetkan oleh pemerintah saat ini terkait dengan kedaulatan pangan," kata Iwan.

Selain itu, Iwan mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan dukungan kepada masyarakat dari relawan Ganjar Sejati. Dirinya menilai bahwa kegiatan tersebut sangat efektif di tengah-tengah masyarakat.

"Terimakasih atas kerjasama Ganjar Sejati, inilah pendekatan masyarakat yang faktual dan ril dalam mengenalkan sosok Pak Ganjar. Tinggal bagaimana kita upayakan Pak Ganjar bisa naik di periode 2024, dengan demikian, bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu bisa difasilitasi oleh beliau," kata Iwan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement