Selasa 10 Oct 2023 16:27 WIB

Daerah-Daerah yang akan Mengalami Turun Hujan Lebih Dahulu Menurut BMKG

Untuk Jabodetabek periode awal musim hujan diprakirakan mundur dua-tiga dasarian.

Aparatur Sipil Negara (ASN) menunggu pelaksanaan Shalat Istisqa atau Shalat meminta hujan di halaman Balai Kota Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (9/10/2023). Shalat Istisqa tersebut sebagai upaya umat muslim meminta pertolongan kepada Allah SWT agar diturunkan hujan. Sehingga musim kemarau yang melanda beberapa wilayah di Indonesia termasuk Kota Bandung usai.
Foto:

Publik pun bisa mengecek waktu musim hujan akan terjadi di suatu lokasi melalui Kamajaya milik BRIN. Peneliti klimatologi BRIN Erma Yulihastin membagikan tips untuk mengecek waktu musim hujan akan terjadi di suatu lokasi lewat akun media sosialnya.

“Kapan awal musim hujan di titik lokasi tempat tinggal Anda? Cek sendiri: kamajaya.brin.go.id,” tulis Erma lewat akun pribadinya di media sosial X, dikutip Selasa (10/10/2023). 

Erma pun mengunggah cara menggunakan laman tersebut. Publik dapat mengakses laman itu lewat aplikasi web browser atau penjelajah web di ponsel masing-masing. Setelah laman tersebut terbuka, terdapat pilihan ‘Tambah Lokasi’.

“Setelah terklik seperti ini, tambah lokasi langsung saja, ingin tahu musim hujan di daerah mana,” kata Erma.

Setelah memilih titik lokasi, akan terpampang data prediksi musim hujan di titik lokasi yang dipilih. Republika mencoba memilih titik lokasi di Jalan Pejaten Raya, Pasar Minggu, Pejaten Barat, Jakarta Selatan. Dari data yang tersedia, awal musim hujan di wilayah tersebut terjadi pada 10 hari kedua atau dasarian kedua Desember 2023. 

Pada data tersebut terlihat musim kemarau ditandai dengan area berwarna merah. Sementara awal musim hujan dimulai dari garis tebal berwarna biru. Lalu terdapat data perkiraan rain rate atau curah hujan yang terjadi pada setiap dasarian pada suatu bulan.

“Itu kira-kira. Dan disclaimer, ini bagian dari kajian, riset, dan data menggunakan input initial time itu di 30 September. Nanti akan di-update lagi,” jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement