Kamis 05 Oct 2023 23:14 WIB

Datang ke Ponpes Al-Ittihad Cianjur, Ganjar Ikut Sholat Istisqa Bareng Kiai dan Santri

Sesampainya di lokasi Ganjar langung berdiskusi dengan para petinggi ponpes.

Aktivitas silaturahmi di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ittihad Cianjur, Jawa Barat, Kamis (5/10/2023).
Foto: Dok. Web
Aktivitas silaturahmi di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ittihad Cianjur, Jawa Barat, Kamis (5/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo melakukan silahturahmi dengan pimpinan dan pengurus Ponpes se-Kabupaten Cianjur.

Acara ini digagas oleh Himpunan Santri Nunsantara (Hisnu) berlangsung di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ittihad Cianjur, Jawa Barat, Kamis (5/10/2023).

Baca Juga

Sesampainya di lokasi Ganjar langung berdiskusi dengan para petinggi Ponpes se-Kabupaten Cianjur. Ia merasa senang karena bisa bersilahturahmi dengan beberapa kelompok masyarakat hingga ulama yang ada di Cianjur.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih atas sambutannya. Pertama disampaikan saya bersilahturahmi ke beberapa kelompok masyarakat juga kepada ulama yang ada di Cianjur,” kata Ganjar.

 

Usai berdiskusi, Ganjar langsung diajak ke Masjid untuk melangsungkan sholat Zuhur bersama. Ganjar yang mengenakan pakaian berwarna putih ini dengan peci hitam kemudian berjalan ke arah Masjid bersama kiyai, ulama dan pimpinan Ponpes-Ponpes.

Setelah melaksanakan sholat Zuhur, Ganjar bersama kiyai, ulama da  pimpinan Ponpes-Ponpes bergegas ke area terbuka di Ponpes Al-Ittihad untuk melangsungkan sholat Istisqa.

Adapun sholat Istisqa merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan umat Islam untuk meminta hujan kepada Allah SWT. Apalagi belakangan hujan belum mengguyur Kabupaten Cianjur dan mengakibatkan kekeringan di wilayah tersebut.

“Dan tadi bertemu dengan para Romo, Kiai, dan sebagian menganjur kita sholat Istisqa yuk, dan saya kira itu ajakan yang harus kita lakukan karena manusia sudah berikhtiar tapi Allah yang menentukan,” ungkap Ganjar ditemui usai sholat Istisqa.

Ganjar mengakui memang dalam beberapa hari belakangan mendapatkan keluh kesah dari masyarakat lantaran wilayahnya belum diguyur hujan. Bahkan, kata dia, ada juga wilayah yang sudah mengalami kekeringan dan butuh bantuan air.

“Inilah bagian dari ikhtiar yang bisa kita lakukan dan makasih kepada para Romo, Kiai yang sudah memimpin sholat Istisqa ini dan mudah-mudhan terkabul,” kata Ganjar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement